Tips Menghindari Pajanan Sinar Matahari Secara Langsung Untuk Mencegah Proses Penuaan Dini

Salah satu anugerah yang sangat besar bagi mahkluk hidup adalah matahari, karena matahari dapat membantu proses pembentukan energi pada tubuh, akan tetapi sinar matahari akan memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan apabila pajanan sinar matahari berlangsung secar terus menerus dan berulang dengan intensitas yang lama.

Salah satu masalah yang terjadi adalah terjadinya photoaging. Usahakan untuk menghindari pajanan sinar matahari pada waktu-waktu mulai dari jam 10.00 sampai jam 15.00. karena ada waktu tersebut matahari akan memancarkan sinar yang paling kuat, bahkan tabir surya yang mempunyai efek paling baik pun tidak bisa melindungi kulit kita dari keriput.

Jika terpaksa harus keluar dari rumah, walaupun seandainya sudah menggunakan tabir surya kamu juga harus mempunyai usaha lain. Pada kesempatan ini akan di kupas sedikit mengenai tips menghindari pajanan sinar matahari secara langsung untuk mecegah proses penuaan dini.

Sinar Ultraviolet dan Spektrum Matahari

Sinar ultraviolet yang telah sampai masuk ke bumi yang terpancar dalam bentuk energi radiasi. Ada dua macam dari sinar ultraviolet yang masuk ke area bumi yang pertama adalah UVA serta UVB. Akan tapi ada yang tidak sampai ke bumi karena ada perlindungan dari atmosfer bumi sehingga UVC diserap.

UVA adalah sinar UVA menembus lebih dalam ke kulit, menyebabkan kerusakan sel-sel yang bisa kanker kulit, sinar ini juga menjadi biang keladi munculnya keriput, penuaan dini, kulit kendur dan noda pada kulit. UVB adalah sinar yang menyebabkan kulit memerah dan bisa menyebabkan kanker.

Proses yang terjadi akibat sinar ultraviolet adalah terjadi suatu interkasi antara sinar ultraviolet tersebut dengan melanin. Melanin adalah suatu bahan kimia alami yang berada di dalam dermis/kulit yang berfungsi sebagai proteksi. Dengan proses tersebut maka akan terjadi keadaan kulit yang berawarna kacokelatan akan tetapi jika dosis sinar ultraviolet yan glebih dari kemampuan melanin untuk melakukan fungsi sebagai proteksi aka akan terjadi yang disebut sunburn (luka bakar kulit akibat pajanan sinar matahari)

Fotoageing (proses penuaan atau kerusakan kulit akibat pajanan sinar uv) terjadi sekitar 90 %. Tanda-tanda fotoageing diantaranya adalah keriput, bintik kecokelatan (terjadi perubahan warna lain), terjadi bercak-bercak yang berbentuk sisik, kulit kasar dan kering.

Tips untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari secara langsung berupa fotoageing adalah dengan menggunakan Chemical sunscreen tabir surya (sunscreen). “Timbulnya Kerusakan yang disebabkan sinar matahari umumnya bersifat kumulatif so tidak pernah ada kata terlabat untuk menggunakannya.”

Kita perlu menggunakan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas di bawah pajanan sinar matahari, ulangi pemakaian setelah dua jam. Pakailah tabir surya sesuai sesuai warna kulit karena setiap jenis kuit memiliki respons waktu berbeda terhadap sinar matahari sebelum kulit terbakar.

Hitung SPF (Sun Protector Factor) yang sesuai dengan kulitmu, pilihlah tabir surya yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Cara perhitungan SPF contohnya Jenis kulit sawo matang menggunakan tabir surya dengan SPF 15, maka 15 manit x SPF 15 = 225 menit. Artinya dengan memakai tabir surya yang mnegandung SPF 15 kamu bisa berada di luar ruangan selama 3 jam 45 manit. Untuk kulit terang pengalihnya sekitar 10 Manit, dan untuk kulit gelappengalihnya adalah sekitar 20 menit.

Perbandingan antara anatara kekuatan sunscreen dengan besar niai SPF sebanding artinya jika semakin besar nilai SPF maka nilai efek terhadap proteksi terhadap pajanan sinar UVB juga akan semakin besar, dan sudah barang tentu akan berpengaruh terhadap hargnya. Akan tetapi menurut penelitian memang ada yang menyebutkan bahwa perbedaan perabndingan tidak terlalu bermakna.

Selain menggunakan Chemical sunscren cara untuk melindungi tubuh dari pajanan sinar UV yang lain adalah dengan menggunakan Physical sunscrenn yaitu dengan menggunakan topi yang lebar, payung untuk untuk menutupi kulit tubuh terutama kulit wajah. Dan yang paling penting juga menggunakan kaca hitam anti UV saat berada di luar ruangan pada saat siang hari.

Diharapkan dengan memperhatikan hal-hal tersebut diatas maka maka kita akan terhindar dari efek buruk terhadap sinar UV.

Demikian sekelumit tentang bagaimana tips menghindari pajanan sinar matahari secara langsung untuk mecegah proses penuaan dini. Apabila ada pertanyaa terkait bahaya sinar UVterhadapa penuaan dini silahkan konsultasikan secara gratis dengan cara KLIK DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *