Mengorek 3 Tips Rahasia untuk Menghilangkan Jerawat

Sebelum kita mengorek-ngorek tips-tips cara menghilangkan jerawat kita harus menyelami apa jerawat dan penyebabnya, sehingga penatalkasanaannya melalui pendekatan penyebabnya.

Jerawat atau yang disebut oleh kalangan medis disebut dengan acne merupakan suatu keadaaan peradangan di kulit terutama folikel pilosebaseus yang disebabkan karena adanya infeksi. Teori menyebutkan bahawa bakteri penyebab acne adalah P. acne. Tanda-tanda acne vulgaris/jerawat yang muncul beragam macam bentuknya dari mulai dari yang ringan sampai berat diantaranya komedo (sumbatan sebum) hitam atau putih, pustule (peradangan permukaan kulit l yang biasanya berisi nanah bisa berwarna putih atau kuning), nodus, papul (peninggian bulat/sirkuler berwarna merah Karena aberisi nanah yang tidak kelihatan) dan kista.

Kulit wajah merupakan tempat yang paling sering ditemukan adanya jerawat selain kulit punggung dan lain-lain. Kulit wajah adalah keluhan yang paling dikonsultasikan oleh para penderita jerawat karena wajah adalah organ tubuh yang langsung terlihat oleh orang lain.

Ada beberapa faktor risiko sehingga muncul jerawat, diantaranya adalah faktor yang ada dalam diri pasien itu yang kedua karena ada faktor dari luar.

Faktor dalam diri diantaranya dalah faktor genetika, hormonal dan lain-lain. Faktor lain yang sangat menentukan timbulnya jerawat adalah faktor luar diantaranya kosmetik, obat-obatan, diet, iklim,

Melalui pengetahuan penyebab dan faktor risiko timbulnya jerawat kita dapat mengorek cara menghilangkan jerawat diantaranya:

Prinsip umum penatalaksanaan jerawat adalah

1. Perawatan kulit

Perawatan kulit dengan berkonsultasi di klinik-klinik kulit dan perawatan kulit dan bisa juga dapat dilakukan sendiri dirumah. Perawatan sendiri di rumah bisa berupa

  • Senatiasa menjaga kebersihan kulit wajah dan lainya sehingga dapat mengontrol kelenjar minyak di kulit serta dapat mencegah timbulnya sumbatan pada pori kulit penyumbang terbesar timbulnya jerawat. Untuk menjaga kebersihan kulit dengan cara memncuci mukan harus memperhatikan bahan kimia yang ada pada sabun dan metode cara mencuci yang baik dan benar sehingga mampu mengobati bahkan mencegah timbbulnya jerawat.
  • Kosmetika adalah satu diantara penyebab terbesar timbulnya jerawat, yang perlu diperhatikan terkait kosmetik dengan timbulnya jerawat adalah karena bahan yang ada dalam kosmetik maupun bahan kosmetik penyebab tersumbatnya pori kulit sehingga akan timbul peradangan.
  • Penanganan yang bersal dari dalam diri sendiri adalah pada umumnya secara teori terkait dengan banyak sedikitnya sebum yang keluar pada kulit ditmabah dengan sumbatan pada kulit dan peradangan.

2. Prinsip khusus Penanganan jerawat

Adalah amat sangat penting untuk memberi tahu kepada halayak umum tentang siklus hidup jerawat hingga sampai delapan minggu (komedo hitam jaringan parut/skar dapat lebih lama). Oleh karena nya penanganan jerawat dengan cara mencegah akan lebih baik. Pasien sebaiknya idberi pengetahuan bahwa pengobatanan ini bisa saja berlangsung selama satu tahun dan perubahan bahan obat dapat disesuaikan dengan kebutuhan sejaan dengan waktu.

Pengobatan sebaiknya diawali dengan pengobatan dioles/topikal, kombinasi antara Benzoil Peroksida (BP) dan antibiotik oles/topikal seperti erithromisin maupun antibiotikklindamisin.

Pilihan terapi dengan megunakan oles/topical dan atau sistemik melalui oral/minum tergantung keparahan luka akibat jerawat dan keluasan area yang terkena.

3. Tujuan Terapi Untuk Kulit Bermasalah

  • Bahan yang berfungsi mengurangi P. Acne dapat menggunakan obat-obat tau bahan kimia yang mengandung benzoyl peroxide (BP) 2,5 – 10%, azelaic acid 20%, Eritromycin 2%,Clindamycin 1%, BP + clindamycin 5% + 1%.
  • Bahan yang mampu untuk merangsang pengelupasan kulit diantaranya : Retinoid 0,025% – 0,1% salycylic acid 2%, alpha hidroxy acid 15-20%, Tazarotene 0,1%.
  • Bahan yang bisa mengurangi peradangan terdiri dari : Retinoid 0,025% – 0,1%, salycylic acid 2% alpha hidroxy acid.
  • Komponen-komponen yang mampu untuk mengurangi produksi sebum kontrasepsi oral Paket Retinoid 0,025% – 0,1%.

Pencegahan timbulnya jerawat dapat dilakukan dengan dengan cara Menghindari terjadinya peningkatan jumlah sebum dengan cara diet rendah lemak dan karbohidrat. Menghindari terjadinya faktor pemicu, diantaranya: hidup secara teratur dan sehat, berolahraga sesuai kondisi tubuh minimal 2 kali seminggu selama 30 menit, management stress. Tidak lupa dengan menghindari minuman keras, dan rokok

Tips terakhir yaitu dengan cara memberikan informasi yang cukup pada penderita mengenai jerawat dengan segala sesuatunya.

Demikian tips-tips cara menghilangkan jerawat untuk mengetahui lebih banyak tentang jerawat dapat berkonsultasi gratis dengan cara klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *