Mengintip 3 Rahasia Mengobati Jerawat Secara Alami

Sebelum mengintip rahasia mengobati Jerawat secara alami yang aman dan berkhasiat kita harus tahu dulu apa itu jerawat? Dan mengapa timbul jerawat.?

Jerawat merupakan penyakit kulit yang sudah dikenal secara luas dan sering timbul pada wajah. Jerawat yang muncul di bagian muka mengakibatkan perubahan wajah, berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah dan menimbulkan rasa sakit. Jika tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan, sehingga akan menimbulkan kesan kurang menarik dalam penampilan dan mempengaruhi kecantikan seseorang.

Jerawat dapat terjadi karena kulit berminyak. Kulit berminyak banyak dialami oleh orang yang berada didaerah tropis, disebabkan pengaruh sinar matahari yang terlalu panas sehingga kelenjar minyak (sebaceous gland) sangat produktif dan tidak mampu mengontrol jumlah minyak (sebum) yang harus dikeluarkan. Selain itu, juga disebabkan oleh debu dan kotoran yang berasal dari luar menempel pada kulit berminyak, kemudian masuk kedalam pori-pori kulit. Kotoran tersebut menumpuk bersama sel-sel kulit mati yang jelas dibiarkan akan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri dan pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Penyembuhan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan bahan kimia dan dapat juga disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Penyembuhan jerawat secara tradisioanal menjadi salah satu pilihan yang baik saat ini untuk mengatasi jerawat.

Pada sesi kali ini kita akan mengintip rahasia unutk mengobati jerawat secara alami dengan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu. Bahan-bahan tersebut terbukti memberi manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit wajah.

Ada teori yang menyatakan Air dari jeruk nipis yang sangat masam mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Jerawat dapat terjadi karena PH kulit dalam kondisi basa. Air perasan jeruk nipis yang masam tersebut dapat mengendalikan PH kulit dalam kondisi basa (asin) menjadi PH asam.

Sedangkan, PH asam tersebut dapat menyebabkan   bakteri P. acnes tidak dapat bertahan hidup (Mumpuni, 2010). Selain dapat menyembuhkan jerawat, vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya bagus untuk mencerahkan warna kulit (Dewi, 2012). Dengan demikian, air perasan jeruk nipis dapat menjadi obat tradisional dan alami untuk penyembuhan jerawat.

Menurut Dewi (2012) Obat jerawat alami yang lain sebenarnya banyak sekali, namun yang teruji secara klinis kebanyakan sejenis jeruk dan buah sebangsanya seperti lemon. Sebagai obat jerawat alami, air perasan jeruk nipis bisa membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit dan menetralisir rasa sakit akibat jerawat sehingga membantu menyembuhkan sekaligus memperhalus kulit.

Selain dari air perasan jeruk nipis, madu juga dapat menyembuhkan jerawat. Menurut Aden (2010) manfaat madu untuk kecantikan yaitu; 1) madu melembutkan bibir, melembabkan dan mencegah bibir mengering atau pecahpecah, 2) madu bisa menghilangkan jerawat, 3) madu menghilangkan noda dan flek hitam diwajah dan mencegah kulit keriput. Madu adalah suatu cairan kental, berasa manis dan lezat bewarna kuning terang atau kuning tua keemasan yang dihasilkan oleh lebah. Madu umumnya terbuat dari nektar yakni cairan manis yang terdapat di dalam mahkota bunga yang dihisap oleh lebah kemudian dikumpulkan dan disimpan didalam sarangnya untuk diolah menjadi madu (Purbaya, 2002).

Madu mengandung beberapa senyawa organik, yang telah terindentifikasi antara lain seperti polyphenol, flavonoid, dan glikosida (Anonim, 2009). Menurut Hamad (2007) Di dalam madu juga terdapat berbagai jenis enzim, antara lain enzim glukosa oksidase dan enzim invertase yang dapat membantu proses pengolahan sukrosa untuk diubah menjadi glukosa dan fruktosa yang keduanya mudah diserap dan dicerna. Sehingga, madu disebut “higroskopis yakni mudah menghisap dan melepas uap air” (Purbaya, 2002: 129).

Madu merupakan salah satu sumber makanan yang baik. Asam amino, karbohidrat, protein dan beberapa jenis vitamin serta mineral adalah zat gizi dalam madu yang mudah diserap oleh sel-sel tubuh. Sejumlah mineral yang terdapat dalam madu seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat (Suriawiria, 2000). Madu juga mengandung vitamin, seperti vitamin E dan vitamin C serta vitamin B1, B2 dan B6 (Winarno, 1982).

Madu memiliki manfaat dalam berbagai aspek, antara lain dibidang kosmetika, madu banyak digunakan baik dalam bentuk sabun, penyegar dan masker wajah. Madu dapat membersihkan kulit mencegah jerawat dan memberinya nutrisi yang dibutuhkan (Prasko, 2011).

Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potassium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Karena, “dalam madu terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran menempel di wajah” (Wildana 2009: 53-54)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Novia E.M yang berjudul Pengaruh Pemanfaatan Madu dan Air Perasan Jeruk nipis Terhadap Penyembuhan Jerawat didapatkan hasil :

Hasil Riset Pertama: Rahasia Mengobati Jerawat dan Bekasnya

Tool: Menggunakan Air Perasan Jeruk

Setelah dilakukan penelitian selama 6 hari tanpa memanfaatkan masker madu dan air perasan jeruk nipis untuk penyembuhan jerawat pada kelompok kontrol hasilnya tidak ada perubahan jerawat kearah penyembuhan. Ini berarti dengan melakukan perawatan kulit hanya dengan mencuci wajah dengan sabun biasa saja tanpa memberikan pengobatan tidak bisa menghilangkan jerawat pada wajah.

 

Hasil Riset Kedua: Rahasia Mengobati Jerawat dalam Waktu Singkat

Tool: Menggunakan madu sebagai rahasia mengobati jerawat ala korea

Keberhasilan penyembuhan jerawat dengan memanfaatkan masker madu pada kelompok ekperimen I terlihat hasil penelitian menunjukkan skor penilaian jerawat kearah penyembuhan pada hari keenam untuk setiap indikator pengukuran .

Pemanfaatan madu untuk jerawat

Hasil Riset Ketiga: Rahasia Mengobati Jerawat dengan Cepat

Tool: Menggunakan Perasan Jeruk Nipis

Ada keberhasilan penyembuhan jerawat pada kelompok ekpesimen II dengan menggunakan perasan air jeruk nipis sejak mulai dari hari ke dua.

Pemanfaatan jeruk nipis untuk jerawat

Itulah ketiga rahasia menghilangkan jerawat secara alami, Jika anda ingin mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang mengobati menghilangkan jerawat secara alami kami menyediakan obat-obat dan kosmetik yang aman disetai dengan konsultasi kulit dan kecantikan secara gratis dengan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *