Manfaat Ekstrak Teripang Sebagai Terapi Alternatif Antibakteri P. Acnes dan Streptocococus Epidermis Penyebab Jerawat

Salam sukses dan kece selalu bagi anda semua laveesian. Kembali bersama kami yang selalu setia memberikan asupan-asupan khasanah keilmuan terutama terkait kesehatan, kacantikan serta healthy aging.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan pengetahuan tentang ekstrak teripang (holothuria leucospilota) sebagai terapi alternatif antibakteri p. Acnes dan Staphylococcus epidermidis penyebab jerawat. Pembahasan ini diambil dari artikel jurnal pertanian dalam penelitian yang dilakukan oleh intan P.S. dkk.

Seperti kita ketahui dari artikel-artikel sebelumnya bahwa jerawat disebabkan oleh peran bakteri P. Acnes maupun Staphylococcus epidermidis yang sebenarnya bakteri itu merupkan flora normal kulit serta selaput lendir manusia.

Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit jerawat disebabkan karena ikut serta dalam proses fotogenesis jerawat yaitu menghasilkan lipase yang mampu memecah asam lemak bebas dari lipid pada kulit. Asam lemak inilah yang dapat menyebabkan proses inflamasi serta jerawat.

Pengobatan jerawat dengan penyebab bakteri ini biasanya menggunakan antibiotika/antibakteri bahan kimia yang menurut literatur penggunaan antibiotik sudah banyak menimbulkan resistensi alias kumanya kebal sehingga membutuhkan antibiotik lain yang lebih tinggi kemampuanya.

Oleh karena orang mulai untuk mencari formula alternatif untuk mengatasi hal ini. Salah satu alternatif yang bisa dipakai untk mengobati jerawat yang disebabkan oleh bakteri itu adalah berasal dari ekstrak teripang butoh keling (holothuria leucospilota.

Apa itu teripang butoh keling (holothuria leucospilota)?

Ada suatu biota laut yang hidup di perairan di Indonesia terutama di daerah pulau Lemukutan tepatnya Kalimantan Barat. Biota ini yang masih belum dieksplor khasiatnya diantaranya adalah teripang atau dengan nama latin H.leucospilota dengan sebutan daerahnya adalah butoh keling (H. Leucospilota). H.leucospilota adalah jenis teripang yang termasuk dalam genus Holothuria,

Menurut kepercayaan Masyarakat Lemukutan menganggap bahwa teripang ini adalah sebagai hama karena menyebabkan penyakit kulit terutama getah yang dihasilkan oleh teripang itu.

Menurut Albuntana butoh keling punya sifat toksisitas sehingga daapt digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat. Isi yang terkandung dalam tripang ini diantaranya adalah triterpen glikosida (saponin) yang dapat berfungsi untuk membunuh kuman/antibiotik.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Intan P.S yaitu uji fitokimia yang dihasilkan adalah berupa pada ekstrak kasar, fraksi methanol dan etil asetat terkandung di dalamnya golongan metabolit sekunder triterpenoid, flavonoid dan saponin, akan tetapi pada fraksi n-heksana terkandung triterpenoid.

Fraksi etil asetat ini memiliki sifat aktivitas paling tinggi dibanding yang lain bagi bakteri P. Acnes serta S. Epidermidis. Dan kadar hambat minimum nya sekitar 62,5 mg/ml. Dan kesimpulanya bahwa fraksi etil asetat dari ekstrak Holothuria leucospilota memiliki aktivitas antibiotik terhadap bakteri P. acnes serta S.epidermidis dan dapat di pakai unutk pengobatan alternatif antibakteri penyebab jerawat.

Demikian sekilas ulasan tentang manfaat teripang sebagai terapi alternatif antibakteri penyebab jerawat. Unutuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat teripang ini bagi kesehatan laveesia dapat menghubungi kami dengan cara Klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *