Cara Menghilangkan Jerawat Bertipe Sedang Sampai Parah

Adanya Jerawat pada kulit wajah merupakan suatu hal tidak mengenakan bagi semua orang terutama kaum hawa, karena fokus orang lain ketika bertemu akan tertuju langsung pada wajah dan langsung terlihat seketika walaupun satu titik kecil, menandai bahwa itu adalah jerawat. Oleh karena orang berusaha mencari cara menghilangkan jerawat di wajah dengan cara apapun mulai dari yang alami , bahan kimia, perawatan ke dokter kulit, klinik perawatan kecantikan, salon kecantikan, ada berusaha mencoba-coba mencari sendiri melalui media sosial guna mendapatkan kulit yang sehat dan tampak cantik.

Akan tetapi setelah mencari tahu kepada bukan ahlinya bukan mendapatkan pencerahan bahkan makin bingung untuk mengobatinya karena begitu banyak produk-produk anti jerawat dengan menawarkan sisi-sisi keunggulannya masing-masing.

Dalam teori menyebutan bahwa jerawat atau dalam istilah medis disebut Acne vulgaris disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes dengan berbagai macam faktor risiko sehingga muncul jerawat tersebut. Oleh karena itu dalam guidline untuk terapi jerawat menyebutkan tatalaksana lini pertama adalah kombinasi antara tretinoin + klindamisin. Dan pada penelitian yang dilakukan di Divisi Dermetovurnerologi RS Sutomo didapatkan pasien Acne Vulgaris (jerawat) yang mendapat terapi topikal/oles saja sebanyak 97,90%

Pada kesempatan ini kita akan membahas klindamisin topikal sebagai terapi penghilang jerawat. Apa itu klindamsin.? Berikut ulasan mengenai clindamisin sebagai terapi jerawat.

Biasanya digunakan pada kulit yang berjerawat bertipe ringan sampai sedang disertai papul, pustul dan bentuk non inflamasi (peradangan) dengan komedo.

Clindamycin ialah suatu obat antibiotik/antibakteri yang bersifat anaerob dan gram positif. Kegunaan secara luas antibiotik ini bisa untuk infeksi pada saluran napas, kulit serta jaringan lunak, saluran cerna, dan lain-lain dan Antibiotik ini merupakan obat pengganti penicillin jika ternyata ada riwayat alergi.

Adapun tujuan terapi menggunakan clindamisin adalah untuk mencengah, mengontrol gejala terjadinya penyakit jerawat, mengurangi, menghambat jerawat dan peradangan pada jerawat.

Antibiotik clindamisin merupakan obat antibiotik keras yang termasuk ke dalam golongan antibiotik lincosamide. Bentuk sediaan dari antibiotik clindamisin ini dapat berupa kapsul maupun gel/salep topical (oles).

Pemberian antibiotic clindamisin topical hanya untuk di berikan bagian luar tubuh, dan hindari terkena bagian mukosa mata, mulut, hidung dan lain-lain.

Clindamycin dapat memberikan efek samping diantara yang sering muncul adalah kemerahan pada kulit, rasa terbakar pada kulit, kulit kering, bintil kemerahan pada kulit, kulit berminyak dan mengelupas, sehingga untuk menghindari hal-hal di atas maka pemakaian obat jerawat dengan menggunaan clindamisin harus dengan resep dokter dan atas pantauan dokter, agar terapi aman dan sesuai dengan harapan bersama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara menghilangkan jerawat di wajah anda bisa konsultasikan ke dokter secara gratis dengan cara klik Di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *