9 Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat merupakan suatu masalah kulit yang mana dikarenakan pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh, seperti di bagian wajah, leher, dada, dan punggung. Jerawat adalah gangguan kesehatan pada kulit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya.

Memiliki jerawat memang akan sangat mengganggu karena bisa membuat penampilan kulit menjadi tidak sehat dan tidak menarik, terutama untuk jerawat di wajah. Jerawat juga kadang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di permukaan kulit, terlebih pada saat jerawatnya disentuh, sakitnya bisa semakin terasa.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan jerawat, pertama-tama kita harus mengetahui dulu apa saja sih faktor-faktor yang biasanya menjadi penyebab munculnya jerawat? Berikut ini 9 faktor penyebab munculnya jerawat:

Faktor kurangnya kebersihan

Kebersihan kulit wajah yang kurang dijaga dengan baik dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan kulit, yaitu dengan munculnya jerawat. Jarang cuci muka ataupun tidak membersihkan wajah dengan cara yang tepat dapat membuat timbunan kotoran di wajah menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu infeksi bakteri kulit dan memunculkan jerawat.

Factor make up berlebih

Jerawat muncul juga bisa dikarenakan produk-produk kosmetik yang digunakan. Penggunaan make up secara berlebihan juga dapat memicu timbulnya jerawat bila tidak dibersihkan dengan benar. Dalam menggunakan produk kosmetik sebaiknya perhatikan jenis kulit dan memilih produk yang sekiranya cocok dengan kondisi kulit kita.

Faktor jenis kulit

Pengaruh jenis kulit yang dimiliki setiap orang juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Misalnya, bagi orang yang memiliki jenis kulit yang berminyak lebih berpotensi memiliki jerawat bila dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit normal. Begitu pula dengan orang yang memiliki jenis kulit yang sensitive. Kulit yang memiliki pori-pori besar juga rentan terkena jerawat sebab bila pori-pori kulitnya tersumbat kotoran bisa cepat memicu timbulnya komedo yang menjadi penyebab jerawat.

Faktor hormon

Perubahan pada hormon saat memasuki usia remaja (pubertas) bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Gangguan hormon ini bisa dialami juga pada wanita saat sebelum menstruasi dan bagi orang yang menggunakan obat-obatan tertentu yang efeknya dapat menyebabkan gangguan pada hormon. Sebab, perubahan hormon bisa memicu produksi minyak berlebih di wajah, sehingga kulit lebih berminyak, berkomedo, dan berjerawatan.

Faktor makanan

Makanan secara tidak langsung bisa menjadi faktor penyebab jerawat, terutama pada makanan yang berlemak tinggi atau makanan yang kurang sehat, seerti junk food karena dapat memicu produksi sebum yang berlebihan.

Faktor genetika atau keturunan

Memiliki faktor genetik dengan jenis kulit yang kurang baik bisa pula menyebabkan jerawat apabila kulit tubuh tidak dirawat dengan baik. Karena itu, ada banyak kasus yang mengalami peradangan jerawat karena faktor genetik.

Faktor pola hidup

Gaya hidup tidak sehat, seperti; banyak merokok, tidak makan makanan yang sehat, serta kurang asupan air mineral bisa meningkatkan risiko masalah pada kulit seperti jerawat.

Faktor stress

Kondisi emosional, seperti stress juga dapat mengganggu hormon yang akan memberikan dampak munculnya jerawat di permukaan kulit.

Faktor lingkungan kotor

Kulit wajah yang sering terkena asap dan debu juga rentan mengalami timbulnya jerawat. Sebab, asap dan debu bisa menempel di wajah dan menutup pori-pori yang memicu jerawat.