8 Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Fresh (Complete Guide)

Merawat kulit agar tetap bersih bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda memiliki kulit yang berjerawat. Perawatan kulit tak hanya dengan melakukan perawatan jerawat yang tepat, meskipun itu memang bagian penting dari menjaga wajah Anda agar tetap segar.

Menggunakan Lavees Beauty Treatment diikuti dengan kebiasaan merawat kulit agar tetap sehat akan membuat kulit Anda lebih bercahaya dan membantu mengatasi jerawat.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika anda ingin memiliki kulit yang bersih dan tetap segar, apaupun itu jenis kulit yang Anda miliki.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu Anda menjaga kulit tetap bersih dan sehat mulai dari mengatasi jerawat hingga cara mencegah jerawat muncul kembali.


Apa Jenis Kulit Anda?

Sebelum melakukan perawatan kulit, Anda perlu untuk memahami jenis kulit yang Anda miliki. Secara umum, ada 5 jenis kulit yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif.

Normal

Mereka yang memiliki jenis kulit normal pada umumnya menunjukkan sedikit masalah kulit, memiliki pori-pori kecil yang nyaris tak terlihat dan tekstur kulit tampak halus.

Kulit berminyak

Mereka yang memiliki kulit berminyak akan tampak mengkilap dan kulitnya sangat sering berjerawat. Minyak berlebih akan menghasilkan pori-pori yang lebih besar.

Kulit kering

Mereka yang memiliki kulit kering memiliki pori-pori kecil yang tak terlihat. Kulit kering bisa menyebabkan iritasi dan mungkin Anda memiliki bercak kering di wajah.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi menunjukkan adanya dua atau lebih jenis kulit. Kulit sering berminyak di zona-T, sementara bagian wajah lainnya mungkin terlalu kering.

Kulit sensitif

Mereka yang memiliki kulit sensitif mungkin mengalami jenis kulit di atas namun dengan bebarapa sensitivitas lain. Orang yang memiliki jenis kulit ini mungkin lebih rentan terhadap produk dengan bahan kimia dan wewangian.


Rutinitas Makeup

Meskipun makeup belum tentu menjadi penyebab jerawat, namun pastinya make up berpengaruh pada kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Banyak orang berjerawat yang menggunakan make up untuk menutupi bintik-bintik, jerawat, dan bekas luka, namun apakah make up ini sebenarnya memperburuk kondisi jerawat Anda?

Belum tentu, namun anda harus memastikan bahwa kosmetik yang anda gunakan tidak akan mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Menurut banyak penelitian, make up justru bisa mengatasi jerawat tanpa memperparah kulit, asalkan diaplikasikan dengan benar.

Memilih Produk yang Tepat

Mempertimbangkan jenis kulit Anda juga sangat penting saat Anda memilih produk make up. Mereka yang memiliki kulit berminyak harus menghindari fondasi berbasis minyak yang berat, sedangkan yang memiliki kulit kering mungkin memerlukan pelembab tambahan.

Aplikasikan makeup secara tipis

Hindari mengaplikasikan banyak riasan pada kulit. Meskipun mengaplikasikan makeup tak akan menghalangi pori-pori Anda, namun bisa menghambat penghapusan kosmetik dan menyisakan riasan yang ada di permukaan kulit sehingga akan masuk ke pori-pori kulit dengan mudah. Aplikasikan make up Anda dengan tipis agar tidak melebihi dari yang Anda butuhkan.

Perhatikan kebersihan kuas make up Anda

Jika Anda mengapilikasikan make up dengan menggunakan brush atau kuas, maka perhatikan kapan saat terakhir Anda mencucinya. Kuas rias bisa menumpuk dengan sel kulit mati, sisa make up lama, bakteri, dan lain sebagainya. Saat Anda mengaplikasikan sikat yang sudah kotor pada kulit Anda, maka Anda akan menyebarkan bakteri pada kulit dan hal ini bisa menyebabkan jerawat.

Bersihkan Makeup Anda

Jika Anda menggunakan make up secara teratur, tugas yang paling penting adalah membersihkanya sebelum tidur atau sebelum melakukan berolahraga. Membersihkan make up dengan Lavees Beauty Treatment merupakan langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu menghilangkan sisa makeup yang tebal sekalipun.


Lakukan diet yang tepat

Berbeda dengan apa yang mungkin Anda ketahui, diet yang buruk tak selalu menyebabkan jerawat berambah parah. Namun, ada bukti kuat yang mengatakan bahwa makanan tertentu bisa memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada sebelumnya. Ada makanan yang dapat memperburuk kondisi kulit.

Makanan yang harus dihindari

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba hindari dari makanan Anda, termasuk makanan cepat saji dan berminyak.

Alkohol

Kurangi asupan alkohol. Alkohol terdiri dari gula dan bisa meningkatkan kadar insulin yang bisa menyebabkan peradangan.

Susu

Ada banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara susu dan prevalensi berbagai jenis jerawat. Hal ini mungkin karena hormon dan faktor pertumbuhan yang ditemukan pada susu. Cobalah mengurangi produk susu dalam makanan Anda dan lihat lah perbedaanya.

Makanan yang harus anda makan

Cobalah diet rendah protein rendah lemak termasuk ayam dan ikan

Asam lemak omega-3

Beberapa ahli dermatologi merekomendasikan peningkatan asupan asam lemak omega-3. Ini bisa membantu meredakan radang yang menyebabkan kondisi kulit.

Antioksidan

Mengkonsumsi lebih banyak antioksidan dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, dan membantu mengurangi rasa sakit dan tingkat keparahan jerawat. Makanan dengan Vitamin C seperti jeruk dan tomat dan Vitamin E seperti alpukat dan bayam mengandung banyak antioksidan.


Bagaimana Pola Tidur Memengaruhi Kulit Anda

Istirahat yang cukup akan sangat berpengaruh pada penampilan dan kulit Anda. Kulit kita membutuhkan waktu untuk perbaikan dan ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita.

Kebersihan Tempat Tidur

Penting untuk mencuci dan mengganti alat tempat tidur Anda secara rutin, khususnya sarung bantal Anda.

Kurang tidur

Kurang tidur sebenarnya bisa berakibat turunnya fungsi penghalang alami pada kulit Anda. Kerusakan ini bisa menyebabkan kekeringan, iritasi meningkat, dan kulit lebih sensitif.

Cara untuk tidur lebih baik

Setidaknya tidurlah tujuh jam per malam. Usahakan menjaga jadwal tidur yang teratur dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.


Kulit Anda dan Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan yang tepat dapat menyebabkan kulit kering dan retak dan pada akhirnya kulit anda bisa keriput dan bahkan kanker kulit.

Sinar Ultraviolet

Penting untuk melindungi kulit Anda dari radiasi UV, karena ini adalah faktor yang menyebabkan kerusakan kulit dan menyebabkan kanker kulit. Ada dua jenis radiasi UV, Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB).

Ultraviolet A (UVA)

Radiasi UVA bisa melewati kaca dan umumnya penyebab penuaan dini, mengakibatkan kulit rapuh dan berkerut. Ini mungkin juga berperan dalam karsinoma sel basal dan melanoma.

Ultraviolet B (UVB)

Radiasi UVB berkaitan dengan perkembangan melanoma dan kanker kulit. Jenis radiasi ini adalah penyebab sunburns.

Tabir surya adalah Sahabat Terbaik Kulit Anda

Gunakan tabir surya setiap kali anda pergi ke luar,, meski sudah mendung. Penggunaan harian tabir surya akan membantu melindungi 2 jenis radiasi UV.

Jangan Lewatkan Area Tubuh Yang Seringkali Dilupakan

Saat mengaplikasikan tabir surya, banyak di antara kita fokus pada wajah dan bahu. Selalu pastikan untuk menerapkan banyak tabir surya ke dada Anda. Jangan lupa lindungi telinga Anda dan kenakan topi untuk melindungi kulit sensitif pada kulit kepala Anda.

Perlindungan Matahari Selain Dengan tabir surya

Cobalah membatasi waktu yang Anda habiskan di bawah sinar matahari antara jam 10 pagi dan jam 4 sore, karena ini adalah jendela di mana sinar matahari paling kuat.


Kontrol Stres Anda

Anda mungkin stress dengan jerawat yang Anda miliki. Hormon stres yang lebih banyak bisa mengakibatkan peningkatan produksi minyak dan memperburuk peradangan pada kulit. Hal ini bisa mengakibatkan jerawat yang menyakitkan dan kulit kering.

Meditasi

Meditasi digunakan selama ribuan tahun untuk mengurangi perasaan cemas, tegang, dan depresi, dan penerapan meditasi yang tepat dapat menghasilkan keadaan mental yang lebih tenang.

Berolahraga

Olahraga teratur dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki keadaan mental Anda. Ini meningkatkan produksi endorfin, meningkatkan rasa percaya diri, dan melemaskan tubuh.


Kulit Anda dan Latihan Gym

Olahraga sangat penting untuk kesehatan termasuk untuk membersihkan membersihkan kulit. Olahraga teratur dapat berkontribusi pada kulit yang lebih sehat dan lebih hidup.

Peningkatan Sirkulasi

Saat berolahraga, aliran darah meningkat. Aliran darah yang meningkat ini membantu memberi nutrisi pada sel kulit Anda, karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel kulit Anda.

Keringat dan Garam

Saat kita berkeringat, garam bisa menumpuk di kulit. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti psoriasis atau eksim. Penting untuk memakai pelembab pada area di mana Anda mendapatkan jerawat dari kondisi kulit ini, karena ini dapat mencegah penumpukan keringat.

Berolahraga di Luar Ruangan

Selalu pastikan untuk mengoleskan tabir surya sebelum menuju ke luar, dan pastikan untuk melindungi kulit kepala Anda dengan topi.

Penggunaan Peralatan Gym Bergantian

Peralatan gym yang bergantian dapat menyebabkan penyebaran bakteri, dan jika Anda menyentuh wajah Anda selama atau setelah berolahraga, bakteri tersebut dapat masuk ke pori-pori Anda dan menyebabkan infeksi atau bercahaya.

Sebaiknya jangan gunakan peralatan olahraga yang bergantian dan hindari menyentuh wajah saat berolahraga.


Menemukan Perawatan Jerawat yang Tepat

Banyak orang yang mencoba sejumlah solusi jerawat, namun banyak dari ini dapat menghasilkan efek samping yang kurang bagus. Campuran belerang pada jerawat telah terbukti mengeringkan kulit.

Cara Memberishkan Wajah dengan benar

Suhu air harus dijaga suam-suam kuku dan sebaiknya hindari paparan air yang berlebihan saat mencuci muka karena hal ini bisa menyebabkan pengeringan. Selalu pastikan untuk mengoleskan pelembab setelah dicuci agar tidak kering.

Pentingnya Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit yang tepat menghilangkan penghalang sel kulit mati ini tanpa membahayakan kulit baru yang menunggu di bawahnya. Pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan scrub abrasif atau secara kimiawi.

Lavees Beauty Treatment

Lavees Beauty Treatment memanfaatkan kekuatan asam salisilat, pengelupasan alami yang lembut tapi efektif memecah sel kulit mati dan membuat kulit terasa halus dan tampak fresh.

Perawatan

Setelah kulit dibersihkan, oleskan gel perawatan kami lengkap dengan konsentrasi tertinggi dari asam salisilat 2%.

Produk Lavees Beauty Treatment tak hanya mengobati noda yang sudah ada sebelumnya namun juga diciptakan untuk mengobati dan mencegah jerawat muncul lagi.


Ingin memiliki wajah yang selalu fresh dan segar terbebas dari masalah kulit lainnya? yuk cari tahu produk perawatan terbaik rekomendasi dokter ahli di sini: Lavees Beauty Treatment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *