8 Mitos Kulit dan Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu

Menurut Jessica Wu, MD, dermatologis dari USC School of Madicine, Los Angeles, nasihat yang disampaikan turun-temurun maupun informasi seputar kulit dan kecantikan yang disampaikan berulang ternyata belum tentu mutlak kebenarannya. Karena itu, simak fakta dan mitos seputar kulit wajah anda.

MITOS 1: MAKIN TINGGI SPF, MAKIN TINGGI PROTEKSI YANG DIPEROLEH

Salah. Jumlah SPF yang tercantum pada sunscreen hanya menunjukan berapa lama seseorang akan terlindungi dari terpaan sinar matahari sebelum kulitnya terbakar. Jika hanya sekedar berpergian keluar, cukup kenakan sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 15 dan aplikasikan kembali seteah kurang dari 6 jam.

MITOS 2: TIDUR PADA SATU SISI MENIMBULKAN KERUTAN

Benar. The American Academy of Dermatology (AAD) membenarkan fakta bahwa posisi tidur tertentu yang sama terus menerus dapat menimbulkan garis halus dan kerutan.  Tidur dengan satu sisi memicu timbulya kerutan di di seputar area pipi dan dagu, sementara tidur telungkup memicu kerutan pada kulit sekitar alis. Meski tidak terjadi dalam waktu yang singkat, AAD menyarankan anda membiasakan untuk tidur telentang tiap hari.

MITOS 3: MEMBASUH WAJAH DENGAN AIR DDINGIN DAPAT MEMPERKECIL PORI-PORI

Salah. Lebi tepatnya mengembalikan pori ke ukuran semula. Yang bias dilakukan untuk mempekecil ukuran pori adalah menyamarkan tampilannya dengan merawat kulit menggunakan pembersih berkandungan lembut dan lakukan proses eksfoliasi dengan produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau salicylic acid setidaknya 1-3 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpukdalam pori kulit.

MITOS 4: KULIT BERMINYAK TIDAK PERLU PELEMBAP

Salah. Tujuan utama dari pelembab adalah untuk melembabkan kulit. Jadi sekalipun kulit memproduksi minyak berlebih. Anda tetap memerlukan nutrisi agar tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu hindari yangbertekstur padat. Pilih yang tekturnya ringan dan terbuatdari bahan air. Anda juga sebaikmya memilih pelembab yang diformulasikan secara khusus untuk kulit berminyak dengan label “oil-free” atau “oil-control”.

MITOS 5: KULIT KERING MEMPERPARAH TAMPILAN PADA WAJAH

Benar. Pada kondisi kulit kering radikal bebas serta subtansi eksternal negatif lainnya akan menyerang lapisan kulit. Lambat laun hal ini akan menyebabkan kamampuan kolagen serta elastin dalam menjaga elastisitas kulit semakin berkurang, sehingga timbul keriput.

MITOS 6: PRODUK PENCERAH DAPAT MERUSAK KULIT

Salah. Hal ini tergantung dengan tipe produk yang anda gunakan. Kandungan hydroquinome atau monobenzone memang dapat membahayakan kulit. Oleh karena itu pilihlan produk pencerah wajah yang mengandung retinoid atau antioksidan yang terbukti dapat terbukti membantu mencerahkan wajah dengan aman.

MITOS 7: FELK HITAM PADA WAJAH HANYA MUNCUL DI USIA TUA

Salah. Flek pada wajah dapat terjadi pada semua usia. Bitnik-bintik tersebut sebenarnya bukan tanda penuaan, namun terjadi ketika kulit anda telah terkena efek buruk dari sinar UV. Perubahan warna kulit akibat sinar UV ini hanya dapat ditangani oleh perawatan kulit yang dilakukan oleh dermatologi untuk hasil maksimal.

MITOS 8: MINUM BANYAK AIR DAPAT MENGATASI MASALAH KULIT KERING

Salah. Dikatakan bahwa jika anda memiliki kulit kering minum lebih banyak air akan membawa kelembapan pada kulit. Namun, sebenarnya air tidak ada hubungannya dengan kulit kering. Tentunya itu bias membantu wajah tampak bersinar danmembersihkan racun dari system tubuh, tetapi tidak selalu membawa kelembapan pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *