8 Cara Mengusir Kerutan Pada Wajah dengan Ramuan Masker Alami “SI Bengkoang”

Hi Dear Laveesians, masih tetap semangat mengikuti sharing-sharing pengetahuan seputar dunia kesehatan kulit, anti ageing dan kecantikan yang kita hadirkan. Semoga laveesian semakin antusian tentunya. Pada sharing kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengusir kerutan pada wajah dengan ramuan masker alami “SI Bengkoang/(Pachyrhizus erosus)”.

Pertanyaan pertama yang kita hadirkan adalah mengapa kerutan muncul pada kulit wajah? Penting memunculkan pertanyaan ini karena kita akan mengetahui bagaimana proses dan penganan pada kerutan di kulit wajah.

Kerutan biasanya timbu disebabkan oleh pajanan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlangsung lama dan terus menerus, hal ini akan membuat terjadinya penurunan produksi kolagen dan akumulasi elastin yang tidak normal. Hal itu dapat kita sebut sebagai ageing “proses penuaan pada kulit”. Ciri-ciri yang timbul pada efek fotoageing adalah sehingga kulit tampak mengkilat, berkerut dan keras.

Sedikit dijelaskan apa itu Kolagen? Kolagen adalah suatu senyawa protein seperti alanin, lisin, arginin dan lain yang berfungsi untuk mempertahankan struktur kulit pada tubuh, sedangkan Elastin sendiri adalah suatu senyawa/zat yang berfungsi dalam menjaga kelenturan atau elastisitas kulit dan sifatnya dapat untuk meregang dan mengendur.

Nah…Untuk mengatasi kondisi kulit wajah yang mengerut disini kita akan uraikan bagaimana formulasinya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Swaidatul dkk. Mereka mengobservasi kandungan-kandungan unsur-unsur yang ada di produk-produk kosmetik dan alami dan efeknya terhadap kerutan pada kulit wajah.

Mereka pun membuat suatu ramuan masker alami yang bahan dasarnya mengandung unsur-unsur seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kandungan lain seperti zinc. Kandungan-kandungan itu nantinya diharapkan dapat mengurangi keriput yang ada pada wajah. Vitamin-vitamin itu dapat diperoleh diantaranya dari buah bengkoang (Pachyrhizus erosus), minyak jintan hitam (An-Naafi), bubuk cokelat (Van Houten), , serta madu (nectar bunga randu).

Rahasia yang ada pada buah bengkoang adalah mengandung vitamin C, yang bermanfaat terhadap pembentukan kolagen dan pembentukan pigmentasi. Sedangkan kandungan berupa asam lemak esensial tak jenuh (asam linoleat dan linolenat) berguna untuk regenerasi sel-sel kulit dan mampu untuk menunda proses ageing/penuaan, itu semua terkandung dalam minyak jintan hitam.

Cokelat sendiri bermafaat untuk mengurangi kekeringan pada kulit karena cokelat mengandung vitamin A. tidak kalah pentingnya bahan dasar yang lain yaitu Madu yang bertindak sebagai humectants yaitu dapat menarik air dari dalam kulit serta berasal dari udara yang ada di sekitar, sehingga yang terjadi adalah proses dehidrasi kulit tidak akan terus berlanjut). Madu sangat aman dan untuk semua jenis tipe kulit. Kelebihan lain dari madu adalah mampu untuk menjaga kelembaban kulit. Sehingga keefektifitasan madu dalam hal pencegahan proses ageing/penuaan dini dan keriput sangat tidak diragukan lagi.

Cara pembuatan formulasi masker alami bengkoang, minyak jintan hitam, cokelat dan madu dalam bentuk pasta.

  1. Bengkoang diblender selama 1 menit sampai halus, lau hasil blender diperas airnya di atas saringan
  2. Ampas yang ada dari umbi bengkoang dibuang
  3. Airnya hasil perasn diendapkan dalam beaker glass 1000 ml dan 2000 ml selama semalaman sesuai dengan suhu ruang.
  4. Sari bengkoang tuang dalam loyang sari bebngkoan dan di oven dengan suhu sekitar 45ºC hingga kering kira-kira selama 120 jam atau 5 hari.
  5. Sari bengkoang dikeringanginkan pada suhu ruang selama 15 mnt, di blender 1 mnt hingga halus dan janan lupa di ayak sampai menghasilkan seperti bubuk halus
  6. Langkah terkahir adalah mancampurkan bahan yang lain nya dibuat dalam bentuk pasta.
  7. Cara pemakainya adalah Wajah cuci muka dengan sabun lunak kemudian bilas dengan air yang dingin lalu keringkan dengan handuk yang berbahan yang halus atau bisa juga dengan mengguanakn tissue facial. Ramuan Masker tadi oleskan pada kulit wajah sampai merata, penting untuk diperhatikan untuk tidak terkena mata dan sekitar bibir, dengan menggunakan kuas masker lalu tunggu selama 30-60 menit. Langkah selanjutnya adalah masker dihapus dengan menggunakan air hangat dan handuk halus hingga bersih
  8. Aturan Pemakaian masker adalah setiap tiga hari sekali sampai 12 kali pemakaian masker (selama 6 minggu.

Kesimpulan pada penelitan tersebut Berdasarkan hasil pengamatan data pada kerutan pada kulit wajah dengan menggunakan ramuan masker alami bengkoang terdapat perubahan kerutan pada kulit wajah sebanyak 100%.

Baiklah Para laveesian, demikian sedikit sharing manfaat ramuan alami masker bengkoang yang mampu menghilangkan kerutan pada kulit wajah. Semoga bermanfaat dan mudah untuk diterapkan. Dan untuk mengetahui lebih jauh tentang pembahasan di atas, laveesian dapat berkonsultasi gratis dengan cara Klik Di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *