6 Cara Pintar untuk Mencegah Jerawat yang Menjengkelkan

Timbul Penyakit hampir sangat tidak bisa dipatikan datangnya kapan saja bisa, meskipun dia seorang dokter. Oleh karena itu Solusinya adalah pencegahan. Seperti pepatah mengatakan: “Mencegah Lebih Baik dari Mengobati”. tentunya pasti sering mendengarnya dong? Lantas Apa dasarnya pepatah ini sebenarnya?

Begitu banya cara kita menyataka terimakasih kepada Tuhan dan menjaga nikmat kesehatan adalah salah satunya. dengan mencegah tubuh dari berbagai kemungkinan penyakit yang akan muncul. Termasuk yang berkait dengan penyakit kulit dan kecantikan terutama penyakit jerawat. Manfaat mencegah jerawat adalah meminimalisasi komplikasi akibat jerawat, mangurangi beban biaya akibat pembelian produk kosmedik yang harganya rata-rata tidak murah.

6 Cara Pintar untuk Mencegah Jerawat yang Menjengkelkan

Sebelum kita kupas bagaimana solusi mencegah jerawat, maka kita harus mengetahui labih dahulu tentang faktor risiko dan penyebab timbul nya jerawat. Mengapa kita harus mengetahui hal itu? karena pendekatan pencegahan timbulnya jerawat tersebut melalui faktor risiko dan penyebabnya.

Apa saja faktor risiko dan penyebab jerawat?

Penyebab dan Faktor risiko Jerawat adalah multifaktorial diantara:

  1. Sebum/kelenjar keringat. Salah satu penyebab timbulnya nya jerawat yang pling utama
  2. Fakotr genetic berpengaruh sangat banyak terhadap munculnya acne selain itu kelenjar sebasea. Seorang anak yang mendeita jerawat umumnya mepunyi sifat diturunkan dari orang tuanya.
  3. Secara umum biasanya angk kejadian timbulnya jerawat pada rentang usia 16-19 tahun pada laki-laki dan wanita rentang rata-rata sekitar 14-17 tahun.
  4. Jenis kelamin. Biaasanya tidak terlalu berpangaruh hubungn antara laki-lki dan perepuan terkait timbulnya jerawat
  5. Kebersihan kulit tempat/predilakesi timbulnya jerawat. Karakter seseorang dalam upaya kesehatan dan kebersihan kulit diri bermanfaat dalam meminimalisasi timbulnya jerawat pada remaja.
  6. Suasana Jiwa/psikis. Ada sebagaian penderita, mengalami tekanan dan emosi yang terganggu dapat memicu munculnya kekambuhan suatu jerawat. Gangguan emosi akan membuat sesorang melakukan tindakan-tindakan terhadap jerawat itu kurang sesuai dengan kaidah dan tatalaksana kesehatan seperti memencet sehingga membuat kerusakan dinding folikel dan akan itmbuk masalah baru berupa perdangan pada kulit yang baru.
  7. Hormon endokrin: Hormom testosteron plasma pada seorang perempuan sangat meningkat pada seseorang yang mendeirita jerawat.
  8. Progesteron kadang-kadang dapat menimbulkan akne premenstrual/jerawat sebelum haid
  9. Secara umum belumbbisa memastikan efek karbohidt dan zat lemk terhadap munculnya terjadi perubahan dalam proses keluarnya sebum dan atau komposisinya hal ini karena kelenjar lemak bukan alat untuk proses ekskresi (pengeluaran) lemak yang kita makan.
  10. Bertambah banyaknya keringat pada situasi yang sangat panas dan lembab akan memnyababkan timbulnya jerawat yang banyak pula akan tetapi bukan karena sinar uv nya sendiri.
  11. Biasa jerawat di sebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes, Staphyilococcus epidermidis dan Pityrosporum ovale; Bakteri tersebut berkembang biak dalam kelenjar sebaceous yang mengalami sumbatan, yang pada kahirnya menyebabkan iritasi.
  12. Kosmetika yang di dalamnya terdapat faundation, moisturiser, sunscreen dan krem malam yang dipakai terlampau lama dapat menyebabkan jerawat.

6-Cara-Pintar-untuk-Mencegah-Jerawat-yang-Menjengkelkan

Bagaimana Pencegahan Jerawat?

1. Diet

Diusahakan agar supaya mengatur pola konsumsi makanan yaitu dengan sedikit lemak dan karbohidrat. Dari beberapa temuan dari penelitian menyatakan bahwa produk olahan susu yang mangandung mengandung hormon 5 α reduktase dan precursor DHT memperberat acne melalui rangsangan terhadap kelenjar sebasea.

2. Perawatan kulit dengan proses dan waktu dan bahan pembersih yang tepat dan benar

Pemilihan bahan pembersih yang mampu berfungsi untuk mambuat kadar lipid barier pada kulit berkurang. Di usahakan agar produksi kelenjar sebasea di minimalisasi produktifitsnya sebagai suatu cara pertahanan kulit terhadap hilangnya lipid yaitu dengan cara mengupayakan sedikit melukukan pengikisan kulit dan tidak kalah pentingnya adalah bahan yang digunakan sebagi pemberdis tidak menimnbilkan iritasi, bahan yang digunakan lembut.

3. Olah Raga

Hal ini merupakan tindakan yang murah dn efektif mencegah timbulnya jerawat dan tentunya olah raga dengan cara dan waktu yang tepat. Selain itu melakuakan aktifitas kehidupan secara terorganisir dengn baik dan tidak kalah Pentinganya adalah memperhatikan istirahat sehingga memberi kesempatan bagia tubuh untuk melakukan regenerasi terhdap kerusakan tbuh termasuk kulit.’

4. Memperhatikan pemakaian Kosmetika

Memang sudah naluri seorang wanita untuk bersolek memakai kosmetik dengan berbagai macam motivasi. Sedikit banyak kosmetik menyebkan timbulnya jerawat. Pemberian pemahaman yang tepat dan efektif mengenai kosmetik yang aman yaitu dengan tidak selalu berubah ubah dalam pemakain produk berbai merk. Menghindari pemakaian kosmetik yang bersift abratif juga.

5. Manajemen stress juga penting dalam hal pencegahan jerawat

6. Memberikan edukasi yang benar dan cukup tentang segala hal tentang jerawat.

Demikian kupasan kita saat ini tentang bagaimana cara pencegahan jerawat semoga memberikan titik cerah bagi kita sehingga kita akan terhindar dari penyakit jerawat dan komplikasi. Dan Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang jerawat dan daapt berkonsultasi gratis dengan cara Klik di Sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *