5 Fungsi Lidah Buaya (Aloe Vera) untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kulit manusia mempunyai sifat untuk regenerasi (proses pembentukan sel-sel baru) jika kulit tersebut telah mengalami suatu infeksi, trauma dan lain-lain, yang menyebabkan terjadinya proses peradangan/inflamasi. Seperti contohnya pada kasus jerawat atau dengan kata lain, nama bekennya adalah Acne vulgaris. Acne vulgaris terjadi karena adanya proses peradangan pada folikel sebasea oleh kerena tersumbatnya pori kulit dan masuknya bakteri di dalamnya.

Ditambah lagi dengan adanya faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan timbunya jerawat seperti; hormon, iklim, makanan dan minuman, stress, genetik, trauma,dan lain sebagainya. Proses regenerasi kulit akibat peradangan bisa mengakibatkan sembuh sempurna dan bisa juga sembuh, tapi menimbulkan suatu bekas dan sulit dihilangkan. Angka kejadian dari penyakit jerawat yang menimbulkan bekas cukup banyak, sehingga banyak orang berusaha ingin mencari tahu bagaimana cara ngilangin bekas jerawat. Karena permintaan cukup banyak maka banyak para ahli farmasi, biologi, dokter yang berusaha untuk mencari formula yang baik dan aman untuk ngilangin bekas jerawat tersebut.

Pada kesempatan ini saya ingin mengulas lidah buaya (Aloe vera) bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka pada kulit.

Mungkin kebanyak orang sudah mengenal cukup lama tentang banyak manfaat lidah buaya sejak dahulu. Tanaman ini bermanfaat sebagai bahan baku, industri farmasi dan kosmetik, serta sebagai bahan baku makanan dan minuman kesehatan, obat-obatan yang tidak mengandung bahan pengawet kimia.

Aloe Vera (lidah buaya) mempunyai bermacam-macam nama sesuai daerah itu berada diantaranya nama “Alloeh” berasal dari bahasa arab yang mempunyai arti “ Zat Pahit Yang Bersinar” sedangkan kata “Vera” artinya :” Benar” dalam versi bahasa latin. Selain itu juga bermakna “Tanaman Keabadian” yang merupakan padanan dari kata “Aloe” menurut bahasa mesir.

Sejak 2000 tahun silam Aloe vera para ilmuan dari bangsa yunani menganggap bahwa tanaman aloe vera merupakan obat yang mampu menyebuhkan secara keseluruha/universal. Juga seperti halnya di mesir, Cina, Pakistan dan jepang, india dan Mexico yang menggunakan Aloe vera sebagai zat/tanaman yang digunakan untuk pengobatan

Menurut cerita ada seorang ratu dari mesir yang terkenal pada zaman dahulu yang bernama , Ratu Cleopatra menggunakan lidah buaya sebagai kecantikan, dapat juga dipakai sebagai terapi pada prajurit yang menglami luka pada masa Alexander the great.

Hingga sampai zaman sekarang tanaman Aloe vera memanglah sangat banyak manfaatnya dan ini dibuktikan dengan penelitian-penelitian terbaru yang dpat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Manfaat Aloe Vera tergantung dari kandungan yang ada pada tanaman tersebut. Adapun kandungan dan manfaat yang ada pada Aloe vera adalah.

(1) Asam-asam amino dimana fungsi dari asam-asam amino tersebut adalah Sebagai landasan untuk membangun blok protein dalam tubuh dan jaringan otot.

(2). Atraquinon Membuat Aloetic acid , Aloe emodin, , alovin, anthracine (merupakan komponen zat dalam Aloe vera yang mampu berfungsi sebagai analgetik (penghilang nyeri) dan antibiotik (obat anti bakteri)

(3) Hormon Auxins and gibberellins bisa sebagai Penyembuhan luka dan anti inflamasi.

(4) Asam Salisik dapat bermanfaat sebagai analgetik/antiperadangan

(5) Saponins teridentifikasi sebagai Glikosida yang kegunaannya adalah sebagai Pembersihan dan antiseptic. Dan yang paling penting mempunyai kandungan Vitamin A, B, C, E, , B12, choline asam folat yang kesemuanya mampu memberikan efek sebagai Antioksidan (A, C, E), dan sebagai penetral dari radikal bebas.

Demikian cara lidah buaya dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh terutama ngilngin bekas jerawat, untuk mengeetahui lebih jauh bagaimana cara ngilangin jerawat dengan sempurna silahkan Klik Di sini, dan anda dapat berkonsultasi secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *