5 Bentuk Scars dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Kesal, geram, malu hingga depresi adalah kata-kata yang sering terbesit dalam pikiran bahkan sering diucapkan pada kita semua terutama pada orang yang mengalami gangguan kulit terutama penyakit jerawat atau istilah kerennya disebut Acne vulgaris, Apalagi jerawat yang menimbulkan bekas. Bekas jerawat dapat berupa mulai dari yang hanya flek-flek hitam saja sampai yang paling parah berbentuk bopeng (suatu bentuk lesi bekas jerawat relatif sulit mengatasinya).

Sudah barang tentu kita akan mencari-cari cara yang tepat dan aman bagi kulit kita untuk mengatasi masalah tersebut. Di beberapa sentra-sentra perawatan kulit wajah dan lain-lain banayak menawarkan metode dan cara perawatan kulit untuk menanggulangi masalah tersebut, dari yang paling sederhana hingga paling modern tentunya semakin modern peralatan yang digunakan akan semakin mahal. Cara untuk menghilangkan bekas jerawat tentu harus kita lihat dulu bantuk lesi dari jerawat tersebut, dengan kita melihat bentuk lesi maka pendekatan terapi dan tindakan sesuai dengan keadaan lesi tersebut.

Bekas luka jerawat berupa bopeng kita sebut sebagai atrofi atau dalam bahasi asing disbut dengan Scars.

Ada berbagai cara medis digunakan untuk kasus-kasus bopeng dari yang ringan sampai berat, Pada sesi kali ini kita akan bahas satu dari beberapa cara untuk menghilangkan bopeng jenis- jenis bekas jerawat lainnya yang serupa.

Sebelumnya kita sedikit mengenal lesi bekas jerawat berupa bopeng. teori menyebutkan bahwa bopeng timbul karena kurangnya kolagen (satu jenis protein penyusun tubuh manusia, ada sekitar 30 persen dari keseluruhan protein yang di tubuh kita. Kolagen ini adalah struktur organik yang penting dalam proses pembangun tulang, gigi-geligi, persendi, otot, serta kulit. Serat kolagen ini bermanfaat karena sifatya yang lentur serta memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap trauma/tekanan).

Kurangnya kolagen pada saat masa pemulihan luka jerawat, sehingga bekas luka tersebut akan berbentuk layaknya cekungan dan bolong-bolong dan membuat wajah atau kulit menjadi tidak rata/bergelombang. Kasus lesi bekas jerawat berupa scars akan berbeda pada setiap orang, karena setiap orang mempunyai perbedaan jenis kulit, perbedaan usia, tingkat berat ringannya jerawat, ada juga yang menyebutkan bahwa faktor genetik juga sangat berpengaruh dengan faktor terbentuknya scars. Ada satu faktor lain yang sangat menentukan timbulnya bekas jerawat berupa scars yaitu melakukan tindakan manipulasi terhadap lesi jerawat tersebut dengan cara memencet dengan tujuan agar jerawat cepat kempes dan hilang, akan tetapi hal tersebut malah akan dapat menimbulkan bekas. Dan kebanyakan dari kita tidak paham dan mengerti tindakan tersebut dapat membahayakan kulit kita.

Ada beberapa tipe-tipe atau bentuk scars diantaranya:

  1. Atrophic

  1. Boxcar

  1. Ice-pick

  1. Hypertrophic atau keloid

  1. Rolling

Ada berbagai macam cara perawatan scar yang tentunya memerlukan waktu lama yang untuk menghilangkannya secara optimal tuntas. Scars biasanya akan memberikan respons baik terhadap perawatan yang didesain untuk merangang proses pembentukan kolagen yang baru, akan tetapi scar tidak bisa dihilangkan dengan instan hanya dalam hiutngan waktu antara 1 hari hingga 1 minggu. Rerata scar dapat dihilangka dalam renatang waktu 2-6 bulan, atau bahkan bisa lebih.

Di bawah ini salah satu cara menghilangkan bekas jerawat Secara Medis:

Dermaroller (teknik micro needling) digunakan dalam proses menghaluskan scar

Dermaroller ini merupakan suatu alat yang berbetuk roller yang terdapat stik kecil dan terdapat jarum-jarum kecil (micro needle) kira-kira sekitar 0,2 – 3 mm ukuran.

Cara menggunakan alat dermaroller ini adalah dengan menggosokkan terutama pada bagian lesi bekas jerawat burupa scars ke bagian wajah untuk menciptakan luka mikro/kecil. Dengan adanya luka-luka kecil itu terjadi response kulit untuk memproduksi kolagen sehingga kulit elastis dan terjadi proses regenerasi sel-sel kulit baru. Utnuk mendapat hasil maksimal dan proses pemulihan yang cepat maka sering di tambah dengan serum vitamin C. Fungsi vitamin C ini adalah menjadikan kulit tmpak lebih cerah dan segar.

Demikianlah satu dari tatalaksana dalam cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk bisa mendapatkan informasi lebih anda dapat berkonsultasi pada dokter secara gratis melalui Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *