4 Tips Mencegah Penuaan Dini Akibat Sinar Matahari (PhotoAging)

editor’s note: pada artikel kali ini Dokter Monita (Founder Lavees Skin Health Care) Membagikan tips dan triknya mengenai cara-cara untuk mengatasi anti-aging. Pada bagian awal kita akan membahas tentang arti photo aging, lalu radiasi sinar UV dan diakhiri dengan 4 tips untuk cara mencegah penuaan dini secara alami. 

Hi Dear Laveesians, Penuaan Dini adalah salah satu penyakit yang tidak mungkin bisa dicegah dan pasti adanya.

Dan, Tahukan Anda kalau penuaan kulit itu ada banyak sekali penyebabnya. apa saja sih penyebabnya? Terus bagaimana sih cara mencegah penuaan dini pada kulit pria dan wanita?

4 Tips Mencegah Penuaan Dini Akibat Sinar Matahari (PhotoAging)

Penuaan Kulit akibat Sinar Matahari (Photoaging)

Tahukah kamu? Ternyata Radiasi sinar matahari selain membawa manfaat untuk pertumbuhan tulang, dapat memberikan dampak buruk bagi kulit kita. Klo belum tahu yuuk baca artikel dibawah ini.

Apa itu radiasi sinar UV?

Sinar matahari terdiri dari berbagai jenis radiasi, termasuk panjang gelombang ultraviolet. Radiasi ultraviolet (UV) adalah bagian dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari. Radiasi UV terdiri dari UVC (100-280 nm), UVB (280-315 nm), dan UVA (315-400 nm).

Di atmosfer, seluruh radiasi UVC dan 90% radiasi UVB diserap oleh oksigen dan ozon sehingga tidak dapat sampai ke permukaan bumi. Radiasi sinar matahari yang dapat sampai ke permukaan bumi hanya UVA (90% -95%) dan UVB (5% -10%). Radiasi UV yang paling besar sampai ke permukaan bumi diantara pukul 10.00-13.00.

Apa itu photoaging?

Penuaan dini timbul akibat paparan sinar matahari secara kronis disebut photoaging (dermatoheliosis). Radiasi UVA dan UVB dapat memberikan pengaruh terhadap penuaan kulit dini.

Gejala-gejala penuaan dini akibat sinar matahari?

Gejala klinis yang dapat terlihat pada skin photoaging yaitu kulit kering kasar/penebalan epidermis, kendur, timbul keriput dan lipatan, kemerahan, bercak-bercak pigmentasi dan tumor. Gambaran klinis penuaan kulit pada kulit putih, kulit Asia, dan kulit Afrika memiliki perbedaan. Melasma lebih menonjol dibandingkan keriput pada ras Asia.

Lalu bagaimanakah cara mencegah photoaging?

1. Gunakan tabir surya dengan baik dan benar

2. Gunakan proteksi seperti topi, payung, kacamata dan lain-lain

3. Hindari paparan sinar matahari pada jam 10.00-13.00

4. Konsumsi makan-makanan sehat, sayur dan buah-buahan


Hi, apakah kamu ingin memulai mencegah penuaan wajah? salah satu nya adalah masalah jerawat yang didiamkan. Kalau kamu memiliki masalah jerawat, yuk segera atasinya.

Lavees Skin Health Care by Dokter Monita memiliki program perawatan wajah khusus untuk mengatasi masalah jerawat. Yuk klik di sini untuk cari tahu Cream Jerawat Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *