3 Tips Mudah Mengenal Kondisi Kulit, Jenis Jerawat dan Noda yang Sering Muncul

Jika ditanya, Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah yang sempurna? Wajah yang sehat, putih dan mulus tanpa cela merupakan impian bagi setiap orang, baik kaum adam apalagi kaum hawa. Setiap kita melihat majalah fashion, kita selalu merasa kagum dengan wajah tanpa cacat yang ditampilkan pada wajah pada halaman demi halaman majalah tersebut.

Sebelum kita membahas ‘bisakah kita memiliki wajah seperti itu”?, Apa yang harus kita lakukan demi mendapatkan wajah idaman seperti itu. Maka terlebih dahaulu kita harus mengenal berbagai kondisi kulit, keluhan keluhan yang sering muncul beserta penyebabnya di wajah.

Tips Pertama

Keluhan-keluhan mengenai masalah yang sering muncul di wajah bisanya berupa jerawat, noda dan keriput. Dan inilah beberapa tip mudah mengenal kondisi kulit:

Tahap 1: Basuh wajah dengan air agar wajah bersih dari make up, minyak, dan kotoran

Tahap 2: Tunggu sekitar 1-2 jam. Jangan gunakan produk apapun dan biarkan kulit berada dalam kondisi alami/sebenarnya.

Tahap 3: Amati kulit setelah 1-2 jam

Perhatikan beberapa kondisi kulit seperti di bawah ini:

tipe kulit wajah bermasalah

  • Normal : Tidak ada tanda kulit kering mengelupas, kulit terasa halus jika diraba, tidak berminyak/mengkilap. kulit tampak sangat sehat. Tipe kulit normal adalah tipe kulit yang memiliki keseimbangan minyak dan air yang sangat baik. Perubahan lingkungan (suhu, cuaca, dll) tidak begitu berpengaruh pada kulit.
  • Kering : Kulit terasa kering, kaku-ketarik, ada kalanya terdapat bagian yang mengelupas, kulit terlihat kusam dan tidak segar, pada dasarnya, tipe kulit kering memiliki kadar minyak yang rendah.
  • Berminyak : Kulit tampak mengkilap dan licin jika disentuh, kulit mati lebih tebal, tipe kulit berminyak memproduksi minyak berlebih sehingga pori lebih mudah tersumbat.
  • Kombinasi : Kulit berminyak di T-zone (dahi, hidung, dagu), sedangkan area lain cenderung normal atau kering, Tipe kulit kombinasi adalah yang paling sulit dirawat, karena dalam satu wajah terdapat 2 tipe kulit (berminyak dan kering atau normal).

Dari berbagai tipe atau kondisi kulit wajah seperti di atas mempunyai pengaruh sangat besar terhadap munculnya berbagai keluhan yang timbul sesuai dengan kondisi masing-masing kulit wajah. Keluhan-keluhan itu biasanya banyak bentuk dan rupa sesuai dengan penyebab dan proses yang terjadi yang dialami oleh kulit wajah.

Tips Kedua

Bentuk dan keluhan pada wajah dapat dikenali dengan mudah, berikut in akan saya uraikan tips mengenal jerawat dan klasifikasinya :

tipe kulit berjerawat

Jerawat atau disebut dengan Acne adalah peradangan kronik dari folikel polisebasea yang disebabkan oleh beberapa faktor dengan gambaran klinis yang khas. Banyak teori menyebutkan bahwa jerawat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: produksi minyak berlebihan, sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, obat-obatan, stress dan hormonal.

Klasifikasi jerawat Jerawat terbagi menjadi menjadi empat tingkatan yaitu ringan, sedang, agak berat dan berat. Tingkatan tersebut ditentukan berdasarkan jumlah jerawat yang ada pada wajah, dada dan punggung serta ukuran besar kecil jerawat atau kondisi peradangan jerawat.

Komedonal

  • Komedo Terbuka (blackhead) : muncul saat material yang ada dalam pori kulit terdorong keluar. Blackhead tidak hanya disebabkan oleh kotoran, tapi juga oleh bakteri dan pembentukan sel-sel kulit mati. Campuran sebum (minyak yang dihasilkan kelenjar lemak kulit) pada komedo terbuka teroksidasi udara. Sehingga berubah warnamenjadi gelap. Penampilan fisiknya sering ditandai benjolan hitam atau kuning tua di kulit.
  • Komedo tertutup (Whitehead) adalah bintik putih yang biasanya muncul di kulit berminyak jumlah campuran sebum yang terdapat dalam komedo tertutupsama dengan yang dimiliki komedo terbuka. Komedo tertutup tidak memeiiliki celah seperti yang dimiliki keomedo terbuka, Karena itu campuran sebum tidak terkena udara dan teroksidasi sehingga tetap berwarna putih atau kadang berwarna kekuningan. KOmedo tertutup dan terbuka merupakan dua jenis jerawat yang tidak menyebabkan radang

Papulo Pustule: berbentuk benjolan merah dengan warna kekuningan atau putih di bagaian tengah. Benjolah ini muncul akibat papula (benjolan dipermukaan kulit) dibiarkan tanpa perawatan selama beberapa hari dan sampai bernanah.

Nodul : Jerawat nodul adalah jerawat yang bentuknya lebih besar dari jerawat pada umumnya dan terlihat jelas di bawah permukaan kulit. Jerawat ini biasanya akan terasa sakit jika disentuh. Terksturnya keras, berwarna merah, dan menonjol. Jerawat nodul membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan, dan biasanya meninggalkan bekas luka parut pada kulit

Selain jerawat yang sangat mengganggu estika tetapi juga mempengaruhi kejiwaan seseorang. Permasalahan lain yang juga sering dikeluhkan oleh orang yang juga berpengaruh terhadap estetika pada bagian wajah adalah Noda atau disebut juga Flek.

Tips Ketiga

Noda Hitam/Flek

tipe kulit ber flek

Apa itu noda hitam atau flek?

Noda hitam/flek pada wajah bias berupa beekas jerawat, flek, maupun bekas gigitan serangga. Bekas jerawat bias muncul Karena kebiasaan memencet jerawat. Sedang flek muncul Karena kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung. Flek juga bias muncul Karena faktor keturunan, efek obat (baik obat hormonal, antibiotik, epilepsy maupun antiradang) dan kehamilan. Noda atau flek dapat dilihat pada gambar di bawah,

Nah, demikianlah beberapa tip mengenal Kondisi kulit, tip mengenal jerawat, tips mengenal noda dan flek, dengan memahami gambaran tentang kondisi kulit, keluhan jerawat, noda dan flek dan penyebabnya, diharapkan mampu mencegah kemungkinan terserangnya masalah-masalah kulit seperti di atas, sehingga mempunyai kulit wajah sehat, putih dan mulus tanpa cela. Semoga mengispirasi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *