3 Manfaat Teh Hijau (Camellia Sinensis) untuk Mengatasi Jerawat, Produksi Minyak Berlebihan Pada Kulit

Apa yang terlintas di dalam pikiran laveesian sekalian ketika mendengar kata teh hijau? Yups betul sekali .. sudah pasti jawabanya adalah teh hijau hanya dianggap sebagai tanaman yang daunnya dipakai sebagai bahan untuk membuat hidangaan minuman apalagi ditambah dengan es. Akan terasa segar disaat udara terik yang menyengat.

Akan tetapi Tahu enggak sih, sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat diambil dari jenis tanaman teh hijau?

Salah satunya adalah antioksidan dan banyak lagi yang lainya. Untuk mengetahui manfaat teh hijau ini, pada sesi ini saya akan sharing tentang efektifitas teh hijau untuk mengatasi Jerawat, dan peroduksi minyak berlebihan pada kulit.

Sebelumnya kita kenali dulu seluk beluk teh hijau. Di daerah dataran asia tenggara dan selatan merupakan asal muasal tempat bermula tumbuh, hingga saat ini dapat hidup di daerah tropis dan subtropis karena perkembangan dalam dunia perkebunan dengan teknologi modern.

Ciri-ciri tanaman teh hijau ini adalah berupa semak hijau atau berupa pohon kecil. Tingginya dapat mencapai dua meter akan tetapi untuk kepentingan produksi makan panen akan dilakukan pada saat tanaman teh hijau ini sebelum mencapai 2 meter. Teh hijau ini dapat dikenali dengan warna putih kuning terutama pada bunganya dengan diameter sekitar 2,5 hingga 4 cm, memiliki sekitar 7-8 kelopak.

Penamaan tenaman teh ini berdasarkan proses pengolahan secara fermentasi dapat dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu 1) tidak mengalami proses fermentasi yakni teh Hijau 2) mengalami semi fermentasi yaitu teh olong, dan 3) mengalami proses fermentasi secara penuh yaitu teh hitam.

Semua klasifikasi teh yang dibedakan berdasarkan perbedaan fermentasi tersebut memiliki asal yang sama yaitu dari spsesies Camelia sinensis. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dalam hal kandungan polifenol disebabkan karena perbedaan proses pengolahan atau fermentasinya.

Pada Teh hijau dalam prosesnya dibuat lewat inaktivasi enzim polifenol oksidasenya (pemanasan & penguapan) pada daun teh segar. Manfaat metode ini adalah agar terjadinya hambatan proses oksidasi enzimatis katekin atau Epigallocatechin -3-Gallate (EGCG).

1. Mengandung Zat Bermanfaat

Kandungan yang ada pada daun tanaman teh hijau adalah antara lain : Daun teh mengandung zat – zat larut air, yakni seperti Epigallocatechin – 3 – Gallate (EGCG),   kafein, asam   amino,   dan   berbagai gula. Menurut penelitian yang dilakukan para ahli pada daun teh hijau didapatkan beberapa zat-zat yang beranfaat yaitu: teofilin, flavonoid/metisantin, tanin, vitamin C dan E, ada beberapa   mineral yakni :     Zinc (Zn), Selenium (Se), Molibdineum (Mo), Magnesium (Mg).

2. Dapat Menekan Bakteri Acne

Kesimpulan yang diambil dari penelitian yang dilakukan oleh Soraya menyimpulkan bahwa sebenarnya untuk menanggulangi acne atau jerawat adalah melakukan pendekatan penyebab jerawat itu sendiri yaitu dengan cara menekan pertumbuhan bakteri penyebab akne yang disebut Propinobakterium acne (flora abnormal ada kelenjar sebasea).

3. Dapat Menekan Reaksi Inflamasi

Kemudian yang kedua adalah menekan reaksi inflamasi (peradangan kulit) dan yang ketiga adalah dengan cara meningkatkan kerja proses dari regenerasi kulit lewat proses pengelupasan sehingga membuat kulit bebas dari sumbatan.

Berdasarkan pendekatan itu maka hasil yang didapat dari penelitian dari kandungan yang ada pada teh hijau (camellia sinensis) mampu memberikan efek terhadap penyakit jerawat, terutama senyawa aktif katekin atau Epigallocatechin -3-Gallate (EGCG) dapat berifat sebagai antioksidan, dapat menekan reaksi inflamasi, bekerja sebagai antibakteri  serta mampu mengurangi proses produksi sebum yang biasa diproduksi oeh kelenjar sebasea.

Oleh karena teh hijau ini banyak manfaatnya maka, sekarang ini banyak produk-produk dipasaran baik produk untuk dikonsumsi berupa minuman maupun produk kosmetik berbentuk toner, pembersih, masker dan lain-lain menggunakanya sebagai bahan aktif dari produk tersebut.

Iya… itulah sedikit ulasan manfaat teh hijau terhadap jerawat dan penekan produksi sebum pada kulit. Untuk mengetahui ulasan yang lebih detail mengenai daun teh hijau laveesian bisa konsultasi secara gratis dengan cara Klik Di Sini. Semoga dengan uraian di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua, Salam tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *