3 Cara Membuat Masker Pelembab untuk Kulit Kering dari Kacang Almond

Hi dear Laveesian, mungkin Ada yang mempunyai tipe kulit lembab atau berminyak ada juga yang mempunyai kulit yang kering. Pada orang yang mempunyai Kulit yang kering ditambah faktor lain yang membuat kulit makin kering akan memebuat kita kelihatan kurang sedap dipandang mata.

Melihat kondisi seperti itu, kita akan berikan tips bagaimana menanganinya dengan kacang almond (prunus dulcis) “si masker pelembab” kulit yang kering.

kacang almond untuk masker

Xerosis (Xeroderma) adalah merupakan suatu keadaan kulit yang kekurangan atau bahkan kehilangan kelembabannya yang menyebabkan kulit kelihatan pecah-pecah atau definisi simple nya adalah kulit kering. Penampakan gejala dari xerosis adalah adanya permukaan kulit yang terlihat kasar, lebih terasa saat dipegang, Baik pada saat melakukan aktivitas mandi, setelah mandi maupun saat berenang teraba kulit yang kencang atau kaku.

Keluhan lain pada kondisi xerosis adalah seringnya muncul kemerahan dan rasa gatal, bersisik, mengelupas. Jika sampai pada tingkat yang lebih parah akan mengakibatkan adanya retakan yang cukup dalam sehingga akan mengeluarkan darah pada kulit.

Apa saja penyebab dari xerosis?

Diantara penyababnya adalah:

1) kulit yang teriritasi bisa karena deterjen, parfum dan karena pakaian
2) kulit yang terlalu keras saat menggosoknya
3) faktor proses penuaan
4) mandi dengan menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan peruntukannya pada setiap tipe kulit
5) mengenakan kain handuk yang relatif terlampau kering
6) lingkungan atau cuaca yang sangat terik sehingga kulit menjadi kering.

Unutuk mengatasi timbulnya xerosis, ada solusi yang bisa diterapkan dengan meggunakan masker kacang Almond, seperti dalam penelitian yang dilakukan oleh Fransisca B.H.B. yang berjudul : Pengaruh Penggunaan Almond (prunus dulcis) Sebagai Masker Wajah Terhadap Kelembaban Kulit Pada Wajah Kering.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah terdapat pengaruh penggunaan masker almond untuk perawatan wajah terhadap kelembaban pada kulit wajah kering. Kulit akan menjadi lembab dengan menggunakan masker almond tersebut.

Mengapa kacang almond berfungsi sebagai pelembab pada kulit kering?

Jawabanya adalah kacang almond mengangandung beberapa zat-zat diantaranya ber kadar lemak sebesar 40,355 gram, kandungan proteinnya sebesar 21, 125 gram, selain itu terdapat vitamin B kompleks terutama vitamin B3 nama lainya adalah niasin kira-kira sebesar 4,015 mgram.

Karena tingginya kadar lemak dan protein yang ada pada kacang almond inilah yang membuat kadar kelembaban pada kulit wajah kering, mencerahkan kulit wajah, dapat meminimalisasi bercak kemarahan pada kulit, antioksidan. Serta kalsium yang berfungsi dalam proses regenerasi kulityang telah mati.

Cara membuat masker alami kacang almond

  1. Siapakan 4-5 biji kacang almond, rendam dalam air semalaman. Keseokan harinya, haluskan almond hingga menjadi pasta. Lalu campurkan pasta almond dengan sedikit lemak susu aduk hingga rata
  2. Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan, lalu diamkan selama 10 hingga 12 menit.
  3. Bersihkan wajah dengan gerakan melingkar

Pemakain masker alami ini dapat dilakukan mnimal seminggu 2 kali sampai 4 minggu biasanya sudah terlihat hasilnya dan terlihat kulit akan terlihat lebih lembab dari biasanya.

Demikian lah sedikit tips menanggulangi masalah kulit yang kering dengan menggunakan masker kacang almond muda-mudahan bermanfaat untuk memdapatkan kulit wajah yang lembab dan lembut. Untuk kerangan lebih lanjut mengenai hal-hal terkait masalah di atas baik untuk berkonsultasi secara garatis dengan dokter secara gratis dengan cara yang mudah yaitu tinggal klik di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *