2 Rahasia Kenanga (Cananga Odorata) Sebagai Penangkal Jerawat dan Sebagai Antioksidan

Hallo laveesian, Selamat berjumpa lagi bersama kami. Harapan kami melalui doa semoga laveesian tetap dalam keadaan sehat, cantik dan kece selalu. Amiin. Pada sesi kali ini kami akan menguak rahasia kenanga (cananga odorata) sebagai penangkal jerawat dan sebagai antioksidan.

Mendengar kata kenanga, yang terlintas dipikiran kita adalah suatu bunga yang biasanya ada pada kumpulan bunga yang digunakan untuk pewangi pada saat prosesi pengurusan orang yang sudah meninggal. Tapi tahu nggak sebenarnya bunga kenanga begitu besar manfaatnya bagi kesehatan terutama bagi kesehatan kulit kita, terutama mengobati masalah jerawat dan bisa juga sebagai antioksidan.

Jerawat merupakan suatu peradangan pada kelenjar sebasea yang dicetuskan oleh banyak faktor, biasanya disebabkan oleh sutu infeksi bakteri P. Acne.

Jerawat biasanya sering menghinggapi orang pada masa-masa puberitas. Melihat ini banyak para produsen-produsen dan sentra-sentra pelayanan kesehatan dan kecantikan kulit menawarkan produk-produk untuk mengobati jerawat. Mulai dari yang berbahan alami hingga berbahan kimia.

Mengingat begitu besarnya animo masyarakat tentang obat jerawat yang berbahan dasar aktif berasal dari bahan alami pada kali ini kami akan memberikan pengetahuan tentang bahan alami Kenanga (Cananga odorata) untuk mengobati jerawat yang ampuh.

Sebelumnya kita akan menyelami apa itu kenanga (cananga odorata) ?

Tanaman kenanga adalah suatu tanaman/pohon atau perdu dimana bunganya bisa berguna salah satunya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak atsiri. Di berbagai belahan dunia ada jenis-jenis kenanga diantaranya Cananga odorata, Cananga latifolia, Cananga scorthecini King, serta jenis Cananga brandisanum Safford. Khusus di Indonesia, jenis tanaman kenanga adalah jenis Cananga odorata.

Menerut literatur ada dua forma kenanga, yaitu jenis Cananga odorata forma macrophylla disebut dengan kenanga biasa. cananga odorata forma genuina disebut dengan ylang-ylang atau kenanga Filipina.

Di Indonesia tanaman kenanga ini dapat tumbuh baik biasanya di daerah ketinggian kira-kira 1.200 m dpl. Ciri-ciri kenanga biasanya bentuknya sepeti bintang dan berwarna hijau pada saat masih mudah dan akan berubah warna menjadi warna kuning ketika saat setelah masak. Bau khas kenanga ini adalah harum sehingga banyak digunakan sebagai pewangi dan aromaterapi. Bantuk tangkainya bisa berbentuk tunggal atau berkelompok. Minyak atsri dapat diperoleh dari hasil destilasi dari bunga kenanga terutama bunga yang sudah berawarna kuning atau kuning sekali.

Kenanga Sebgai Antioksidan

Hasil destilasi bunga kenanga dalam bentuk minyak atsiri bersifat yang relatif aman dan memiliki manfaat yang banyak salah satunya adalah sabagai antioksidan, dan produk dapat diterima secara luas oleh masyarakat. Seperti dikutip dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Pujiarti dkk dalam jurnal ilmu kehutanan bahwa minyak kenanga berpotensi menjadi antioksidan alami karena mengandung zat-zat caryophyllene (36,44%), germacrene D (17,23%), á-caryophyllene (9,61%), benzyl benzoate (7,18%), dan â-linalool (5,97%).

Kenanga sebagai obat anti jerawat

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nina D dkk meneliti bunga kenanga (Cananga odorata) sebagai antibiotik yang efektif terhadap pertumbuhan bakteri staphylococcus, salah satu penyebab jerawat.

Di dalam kajian itu menyebutkan bahwa ada sejumlah zat yang terkandung di dalam bunga kenanga yang telah diperas yaitu minyak atsiri, flavanoid dan saponin yang bermanfaat sebagai antibakteri alami.

Berdasarkan kajian-kajian tersebut dan masih banyak literatur lain yang menungkap khasiat bunga kenanga, maka banyak produk-produk di pasaran yang menggunakan bahan aktif bunga kenanga dalam betuk proses modern yang efektif untuk mengobati jerawat dan bisa dipakai sebagai antioksidan alami.

Walaupun bahan anti jerawat pada bahan aktif bunga kenanga ini relatif aman namun harus juga memperhatikan kondisi dan tipe kulit yang mempunyai riwayat alergi dan iritasi, sarannya bagi orang yang mempunyai riwayat alergi harus terlebih dahulu kinsul dengan ahlinya tentunya dokter.

Bagi laveesian yang masih penasaran ingin mengetahui ebih tentang bunga kenanga dapat berkonsultasi gratis dengan dokter dengan cara Klik Di sini.

Semoga uraian diatas dapat memberikan sedikit wawasan tentang masalah jerawat dan antioksidan serta permasalah terapinya. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain semoga tetap sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *