2 Manfaat Rahasia Bunga Cempaka/Magnolia Sang Bunga Antioksidan kuat

Mendengar kata Cempaka memang terkesan penuh dengan misteri di pikiran kita. Bunga ini dikenal karena penuh dengan filosofi yang sangat dalam, Dan juga memiliki mitos yang melekat kuat padanya.

Mitos-mitos yang masih melekat pada masyarakat Indonesia sampai saat ini adalah makhluk-makhluk astral seperti jin dan lain-lain yang sangat menyukai bunga ini, karena aroma wanginya. Bahkan adanya anggapan yang sangat kuat tentang bunga ini adalah tempat yang paling disukai makhluk gaib seperti kuntil anak dan genderuwo.

Terlepas dari hal-hal mitos serta kepercayaan masyarakat tersebut, bunga cempaka ini mempunyai nilai-nilai tradisi yang erat bagi bangsa indonesia khususnya suku jawa, baik dalam tradisi perkawinan ataupun kematian. Melihat dari prespektif yang berbeda, kali ini saya akan mengupas tentang BUNGA CEMPAKA /MAGNOLIA SANG BUNGA ANTIOKSIDAN KUAT.

Indonesia adalah negara yang kaya dan tanah nya subur, negara ini juga terkenal karena memiliki aneka ragam jenis tnaman dan tumbuh-tumbuhan. Mengapa demikian tidak lain dan tidak bukan disbebakna karena Indonesia terdiri dari kepualauan serta iklim yang tropis. Salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh bahkan banyak terdapat di Indonesia yaitu bunga cempaka.

Penyebaran dari bunga cempaka ini adalah di daerah Asia Selatan, Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan. Khusus di Indonesia penyebarannya banyak utmbuh dia daerah pulau Jawa, Sumatra Maluku serta Sulawesi.

Genus dari tanam cempaka ini adalah tnaman berbunga dari suku Magnoliaceae. Dari genus ini ada sekitar 50 spesies yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Ada 4 jenis bunga cempaka yaitu :

1) bunga Cempaka putih /kantil

2) Bunga Cempaka Kuning /Cempaka Wangi

3) Bunga Cempaka Merah

4) Bunga Cempaka ungu.

Kandungan dan manfaat magnolia

Menurut para penelitian yang dilaukan oleh peneliti jepang menemukan bahwa magnolia mengandung zat kimia yang dinamakan dengan “Honokiol” serta “magnolol”

Apa itu Magnolia?

Magnolol yaitu senyawa organik yang termasuk lignan. Suatu senyawa bioaktif yang ditemukan di kulit magnolia Houpu (Magnolia officinalis) atau di M. Grandiflora yang berguna sebgai pengobatan tradional di negara Cina dan Jepang. Sedangkan honokiol merupakan isomer magnolol, juga milik lignan.

Manfaat 1: Lebih Kuat dibanding Vitamin E untuk Tangkap Radikal Bebas

Aplikasi efek magnolol dan honokiol adalah dapat berkhasiat 1000 kali lebih besar dibanding Vitamin E sebagai antioksidan. Seperti kita ketahui bahwa antioksidan adalah suatu molekul yang dapat bekerja untuk memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain.

Sedangkan Oksidasi merupakan reaksi kimia yang mampu menghasilkan radikal bebas, yang mengakibatkan terpicunya suatu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Dengan adaya kerusakan sel akan memicu proses penuaan dan kematian sel.

Manfaat 2: Sebagai zat Antiinflamasi, antibakteri dan anti tumor

Selai itu manfaat lain dapat ditemukan pada ekstrak magnolol adalah dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi, antibakteri, anti tumor.

Sehingga berdasarkan hasil temuan itu bunga magnolia banyak digunakan dalam industri kosmetika bahakan dapat digunakan sebagai obat-obatan seperti obat bau badan, keputihan, perut kembung, dan lain-lain.

Demikianlah informasi singkat tentang magnolia yang begitu besar manfaatnya terhadap pencegahan radikal bebas yang berimbas terhadap proses penuaan dini, mudah-mudah informasi yang sedikit ini dapat menambah khasanah keilmuan laveesian sekalian. Sehingga kita akan selalu tetap sehat, kuat setiap saat.

Sampai jumpa di episode sharing yang akan datang, sekali lagi sebelum lupa saya ingatkan bagi laveesian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai kesehatan kulit serta antiaging dapat berkonsultasi secara gratis dengan cara Klik Di Sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *