2 Jenis Terapi Penghilang Noda Bekas Jerawat yang Tepat

editor’s note:¬†Artikel ini ditulis oleh dr. Miftahudin, MARS. Cofounder dari Lavees Skin Health Care. akan di bahas 2 tips untuk menghilangkan noda bekas jerawat, pertama menggunakan hydroquinon dan kedua dengan vitamin e. Saran di sini jangan langsung diterima sendiri namun harus berkonsultasi terlebih dahulu lagi bersama dokter ahli.

Salah satu penyakit kulit yang selalu mendapat perhatian bagi para remaja dan dewasa muda adalah jerawat atau dalam bahasa medisnya acne vulgaris. Penyakit ini tidak fatal, tetapi cukup merisaukan karena berhubungan dengan menurunnya kepercayaan diri akibat berkurangnya keindahan wajah penderita. karena adanya noda-noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Sehingga banyak panderita jerawat yang mempunyai komplikasi berupa scar dan noda mencari bantuan dokter untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa penelitian secara klinis telah dilakukan untuk mencari penatalaksanaan yang sesuai.

Penatalasanaan AV terbagi menjadi dua yaitu penatalaksanaan secara umum dan secara medikamentosa. Secara umum yaitu dengan menghindari pemencetan lesi dengan non higienis, memilih kosmetik yang non komedogenik, dan lakukan perawatan kulit wajah. Sedangkan secara medikamentosa dibagi menurut derajat keparahan dari jerawat itu sendiri. Pada kesempatan ini akan dibahas khusus terapi penghilang noda bekas jerawat yang tepat khususnya berkaitan dengan kandungan bahan aktif yang ada dalam obat tersebut baik melalui oral/minum maupun topikal/oles.

 

terapi penghilang noda bekas jerawat

Apa saja sih rahasia kandungan bahan aktif yang terdapat dalam obat yang mampu menghilangkan bekas jerawat yang ampuh? Ternyata rahasianya adalah:

1. Hidroquinon

Apa Itu Hidroquinon?

Obat pemutih dalam bentuk salep diberikan topical.

Saat pertama ditemukan, hidroquinon diketahui merupakan senyawa kimia non organik yang berkhasiat sebagai materi kimia yang bereaksi terhadap pigmentasi. Dalam bahasa kimia, senyawa ini juga kerap disebut dengan tocopheryl acetate.

hydroquion rumus kimia 

Cara kerja dari senyawa kimia yang masih menjadi bagian dari formula fenol inorganik ini dengan membentuk sistem untuk menghambat produksi dari hormon tirosinase. Hormon tirosinase ini berfungsi sebagai sistem alami perlindungan kulit terhadap paparan sinar UV. Secara alami hormon ini akan membentuk melanin yang menjadi faktor penghitam kulit. Ini akan mencegah terjadinya penggelapan warna kulit meski telah terpapar sinar matahari.

Di sisi lain Hidroquinon juga bekerja melunakkan sel kulit mati yang masih melekat pada kulit terluar. Biasanya kulit mati menebal pada area kulit bernoda seperti akibat bekas jerawat, noda bekas luka, bekas terbakar sinar matahari, juga termasuk efek penuaan kulit dan toksin berlebihan.

Dengan membantu melunakkan sel kulit mati, sel kulit mati akan lebih cepat dan mudah terkelupas dan tergantikan dengan sel kulit baru dibawahnya yang tentu saja masih segar dan masih dalam warna yang lebih cerah.

Penggunaan hidroquinon yang lebih lama (maksimall pemakaian 4 bulan) dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, terutama pada konsentrasi tinggi, berupa okronosis, yaitu pigmentasi berbentuk jala pada wajah. Selain itu, efek samping lain yang dapat timbul akibat penggunaan hidroquinon adalah eritem, rasa terbakar, hiperpigmentasi pasca inflamasi, reaksi dermatitis kontak iritan/alergika, confetti-like depigmentation dan perubahan warna kuku.

Peringatan:
Beberapa pengatan yang harus diperhatikan terkait dengan bahan kosmetikyang mengandung zat hidroquinon anatara lain: Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan hydroquinone, Remaja di bawah 12 tahun sebaiknya tidak menggunakan hydroquinone, jangan dioleskan pada luka terbuka atau di sekitar mata, hindari pajanan matahari pada bagian yang diolesi hydroquinone, hubungi dokter jika kondisi anda tidak kunjung membaik atau bertambah parah setelah menggunakan hydroquinone selama dua bulan, harap berhati-hati bagi yang menderita asma serta penyakit kulit lain seperti eksim atau prosiasis, jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Banyak ahli dermatologis beranggapan bila digunakan dengan dosis yang tepat, dan pemantauan dokter Hydroquinone aman dan efektif untuk mengatasi masalah pignaentasi pada kulit.

2. Vitamin E

Produsen kosmetik berlomba-lomba mencari formula untuk kesehatan kulit salah satu nya adalah memproduksi kosmetik yang didalamnya mengandung Vitamin E ataupun melalui produk suplemen yang mengandung vitamin E yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

 

sayur mayur vitamin e

Pertanyannya adalah apa manfaat vitamin E bagi kulit dan tubuh?

Bukan rahasia lagi Vitamin E dan perawatan pada kulit berjalan beriringan. Vitamin E Selma bertahun-tahun telah dikenal memilki manfaat untuk meningkatkan dan menyembuhkan tekstur kulit. Vitamin E dapat ditemukan hamper semua salep kulit, Gel dan minyak. Vitamin E merupakan antioksidan yang baik unutk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Penelitian terbaru mengatakan bahwa Vitamin E mungkin bekerja mengobati bekas jerawat untuk beberaa orang, mungkin tidak begitu bermanffat buat orang lain.

Minyak Vitamin E murni membantu dalam menghaluskan tekstur kulit, mempercepat regenerasi sel, jaringan bekas luka jerawat biasanya kekurangan kolagen dan elastisitas. Vitamin E membentu faktor di atas untuk meringankan bekas luka dan akhirnya menyingkirkan mereka. Selain itu meningkatkan aktivitas antioksidan oleh karena itu Vitamin E juga membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Dua zat yang telah diuraikan diatas merupakan sebagian kecil dari bahan-bahan aktif yang ada pada kandungan kosmetik maupun terapi melului minum, yang mampu mengobati noda bekas jerawat.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang terapi penghilang noda bekas jerawat kami menyediakan obat-obat dan kosmetik yang aman disertai dengan konsultasi kulit dan kecantikan, Anda bisa langsung in touch dengan team Lavees Skin Health Care di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *