2 Fakta Tentang Timbulnya Bekas Jerawat Hitam yang Perlu Kamu Tahu

Apa? dan bagaimana timbulnya bekas jerawat hitam? Sebelum kita mengupas hal itu kita harus mengetahui apa perbedaan bekas jerawat dan bekas jerawat hitam (spot), karena orang Pasien sering salah mengenali antara beksa jerawat dan bintik hitam bekas jerawat tapi sebenarnya sangat berbeda.

Bekas jerawat hitam adalah bintik hitam bekas jerawat berupa tanda merah, ungu, atau coklat yang tertinggal setelah jerawat atau cacat telah hilang disebut sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. “Tanda ini bisa memakan waktu antara 3-6 bulan untuk pergi sendiri.

bekas jerawat hitam

Fakta Pertama: Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi

Hiperpigmentasi pasca inflamasi (HPI) adalah kelainan pigmen yang didapat akibat terakumulasi pigmen setelah terjadinya proses peradangan akut atau kronik. Biasanya dapat timbul pada semua tipe kulit terutama tipe kulit gelap baik pria maupun wanita segala usia dapat mengalami HPI. Penyebanya adalah keadaan ini disebabkan oleh meningkatnya sintesis melanin sebagai respon peradangan dan inkontinensia pigmenti yaitu terperangkapnya pigmen melanin di dalam makrofag di bagian atas dermis.

Proses timbul Hiperpigmentasi pasca inflamasi terjadi akibat kelebihan produksi melanin atau tidak teraturnya produksi melanin setelah proses inflamasi. Jika HPI terbatas pada epidermis (lapisan terluar kulit), terjadi peningkatan produksi dan transfer melanin ke keratinosit sekitarnya. Meskipun mekanisme belum diketahui secara pasti peningkatan produksi dan transfer melanin dirangsang oleh prostanoids, sitokin, kemokin, dan mediator inflamasi yang dilepaskan selama inflamasi.

Gejala dan tanda pada penderita HPI yang sering muncul pada awal pada HPI biasanya bermanifestasi sebagai macula atau bercak yang tersebar merata. Tempat kelebihan pigmen pada lapisan kulit akan menentukan warnanya. Hipermelanosis pada epidermis memberikan warna coklat dan dapat hilang berbulan-bulan sampai bertahun-tahun tanpa pengobatan. Sedangkan hipermelanosis pada dermis memberikan warna abu-abu dan biru permanen atau hilang selama periode waktu yang berkepanjangan jika dibiarkan tidak diobati.

Penyebab lesi/luka hipermelanosis tergantung pada lokasi peradangan. Warna lesi berkisar antara warna coklat muda sampai hitam dengan penampakan warna lebih ringan jika pigmen dalam epidermis dan penampakan warna abu-abu gelap jika pigmen dalam dermis/lapisa lebih dalam kulit.

Kita dapat mengtahui itu penyakit HPI melalui riwayat penyakit sebelumnya yang mempengaruhi kulit seperti infeksi, reaksi alergi, luka mekanis, reaksi obat, trauma (misalnya luka bakar), dan penyakit inflamasi seperti akne vulgaris/jerawat, liken planus, dan atopi.

Fakta kedua: Bagaiman Penatalaksanaannya

Ada beberapa obat dan prosedur disamping fotoprotektif dapat secara aman dan efektif mengobati pasien HPI yang berkulit gelap. Agen depigmentasi topikal seperti hidrokuinon, asam azelat, asam kojik, ekstrak permen hitam, dan asam retinoik 0,1-0,4%

Bekas luka jerawat adalah merupakan hasil dari kerusakan yang meradang akibat pori-pori kulit yang membesar dengan minyak berlebih, sel kulit mati dan bakteri. Pori-pori membengkak, menyebabkan jeda di dinding folikel. Lesi dangkal biasanya kecil dan cepat sembuh. Tapi jika ada jeda yang dalam di dinding pori-pori, bahan yang terinfeksi bisa tumpah ke jaringan sekitarnya, menciptakan lesi yang lebih dalam. Kulit mencoba memperbaiki lesi ini dengan membentuk serabut kolagen baru. Perbaikan ini biasanya tidak semulus dan sempurna seperti kulit asli.

Bekas jerawat pada dasarnya adalah efek jangka panjang dari jerawat pendek Anda. Jerawat yang tak terduga cukup menyebalkan, tapi bekas jerawat dan bekas gelap yang ditinggalkannya seringkali lebih buruk. Meskipun tidak ada tongkat ajaib yang bisa menyingkirkannya dalam semalam, ahli dermatologi terkemuka dari seluruh penjuru negeri berbagi cara menangani bekas dan bekas, mulai dari pencegahan hingga pengobatan.

Bentuk bekas luka jerawat lain lain Beberapa bekas luka tebal, bekas luka hipertrofik yang menonjol di atas kulit; Yang lainnya keloid, bekas luka yang sudah terlalu banyak disembuhkan, dan terwujud sebagai jaringan kulit yang padat dan kenyal. Lalu, ada bekas luka atrofik yang tampak seperti depresi di kulit – yang paling menantang untuk diobati.

Tiga kategori utama bekas luka atrofik adalah:

1) Bekas luka es: Lebih dalam dari pada yang luas, dengan tepi bergerigi. Terkadang mereka menyerupai pori-pori besar yang meraup.

2) Bekas luka Boxcar: Demam luas dan persegi panjang dengan tepi yang curam dan terdefinisi.

3) Bekas luka bergulung: Depresi luas yang membulat, miring miring.

4 tipe bekas jerawat

Bekas jerawat sejati, bagaimanapun, adalah lekukan permanen dari kerusakan kolagen dan bisa datang dalam berbagai bentuk dan bentuk dan perawatan laser dan pengisi dermal sementara adalah satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini.

Nah, sekarang kamu tahu bedanya bekas luka dan bekas lainnya. Lalu, apa selanjutnya? Biarkan para ahli lavees skin health care menunjukkanmu bagaimana Solution mengurangi penampilan bekas jerawat hitam sehingga kamu bisa mendapatkan kembali wajah bersih dan sempurna. Atau, baca lebih lanjut dengan klik di sini.

More from dr. Miftahudin MARS

6 Cara Pintar untuk Mencegah Jerawat yang Menjengkelkan

Timbul Penyakit hampir sangat tidak bisa dipatikan datangnya kapan saja bisa, meskipun...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *