1 Rahasia Bahan Alami yang Ampuh untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kebanyak orang berpikir tentang istilah bahan alami vs bahan kimia pasti yang ada di benaknya adalah bahan alami itu cenderung lebih sehat dan aman sedangkan bahan kimia akan memeberikan efek yang berbahaya. Hal demikian sudah tentu tidak sepenuhnya tepat karena bahan kimia yang kita sudah anggap di sekitar kita sebagai bahan kimia berasal dari bahan-bahan alami. Begitu jug sebaliknya bahan-alami yang tersedia dan digunakan dalam kahidupan kita adalah dari bahan-bahan kimia.

Jadi yang paling penting bagi kita adalah menyikapi suatu komposisi bahan produk terbut dapat memberikan banyak manfaat yang sebesar-besarnya dan meminimalisasi efek yang berbahaya bagi tubuh kita terutama produk-produk untuk kulit dan kecantikan. Sehubungan dengan konsep tersebut pada kali ini akan sharing tentang satu bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang pada industri kosmetik juga banyak menghasilkan serta mengembangkan produk-produk yang berguna untuk perawatan dan pengobatan kulit wajah dan kecantikan terutama untuk pengobatan bekas jerawat.

Bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah salah satunya adalah papaya.

Khasiat tanaman papaya terutama buahnya sangata berguna bagi kesehatan kulit. Sebelum mengupas khasiat papaya, sedikit akan saya beri bocoran sedikit tentang Apa sih papaya? dan Mengapa papaya bisa digunakan untuk pengobatan dan perawatan kulit terutama bekas jerawat?

Tanaman Pepaya atau (Carica papaya. L). Dalam bahasa Inggris kata papain terdiri dari dua suku kata yakni papa (ya) dan in. yang berarti kira-kira suatu zat yang ada di dalam buah pepaya (getah) yang memiliki enzimatis berupa daya katalis yang berfungsi untuk mengurai/ memecah protein. Enzim yang berfungsi sebagai pemecah protein itu disebut protease, proteinase, atau proteolitik, dan papain itu termasuk golongan enzim protease. Pada papain itu Paling sedikit ada 3 jenis enzim yang ada dalam gatah papaya yakni papain sekitar 10 persen, lisozim 20 persen dan khimopapain sekitar 45 persen.

Kandungan lain yang terdapat pada papaya adalah nutrisi seperti vitamin-vitamin, flavonoid, karoeten, serat dan mineral seperti Mg (magnesium), K (kalium/potassium) selain itu juga antioksidan. Pada buah papaya mengandung 46 KKal, diantaranya air 86.7 mg. karbohidrat12.20 gram, protein 0.50 gram, kalsium (Ca) 23 mg, besi (fe) 1.7 mg, vit. A 365 SI, vit B: 10.04 mg, vit C 78.9 mg.

Dengan bagitu banyak kandungan dalam papaya maka banyak manfaat yang dapat diambil. Papain Sebagai enzim proteolitik, mempunyai nilai ekonomi tinggi dan banyak digunakan dalam berbagai industri besar, salah satunya dalam dunia farmasi. Tidak ketinggalan dalam dibidang faramsi terutama prouduk kecantikann kulit juga melirik bahan dasar papaya sebagai terapi bekas jerawat. Caranya adalah dengan cara pembuatan krim pembersih kulit terutam kulit wajah.

Fungsi enzim papain disini berperan sebagai pelarut atau sebagi pengikis sel-sel kulit mati yang ada pada kulit yang sulit lepas. selain itu pastinya juga berparan sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan merupakan faktor penting dalam usaha sesorang dalam mencegahan penuaan sel-sel pada tubuh terutama kulit. Vitamin-vitamin yang ada pada papaya dapat mencerahkan kulit wajah Anda dan tidak hanya sampai disitu saja manfaat pepaya, kandungan pepaya juga dapat mengatasi kulit-kulit yang mengalami peradangan/inflamasi yang diakibatkan oleh trauma maupun jerawat sehingga terjadi kemerahan, bahkan dapat mengatasi berwarna hitam atau cokelat akibat jerawat tersbut.

Buah papaya sebagai masker untuk mengatasi masalah bekas jerawat.

Adapun cara menggunakannya buah papaya untuk mengatasi masalah bekas jerawat tersebut adalah:

Pertama-tama adalah cucilah terlebih dahulu buah papaya agar bersih kemudian potong buah pepaya dalam bentuk potongan yang keil-kecil, Setelah itu papaya dihaluskan ampai membentuk seperti bubur, jangan lupa untuk menambahkan satu lemon atau basa juga satu sendok madu (sebagai tambahan bisa juga tidak diberi).

Kemudian pada daerah yang mengalami jerawat dioleskan dengan krim bbubur papaya tersebut, lalu diamkan selama lebih kurang 15 menit sampai 20 menit sampai krim masker tersbut meresap kedalam pori kulit wajah dan langkah terakhir adalah membilas kulit yang di beri masker dengan menggunakan air suam-suam kuku (air hangat) lalu keringkan dengan menggunakan handuk yang halus tampa menggosok-gosoknya karena akan menimbulkan iritasi pada kulit baru. Lakukan hal ini sebanyak sekali dalam sehari sehingga sampai tercapai khasiat masker papaya yakni kulit wajah bebas jerawat dan bekas jerawat.

Demikianlah sedikit sharing tentang manfaat bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat dengan menggunakan masker buah papaya, untuk mengtahui lebih benyak tentanag bahan alami untuk mengobati imaslah jerawat dapat konsultasi garatis dengan cara Klik di sini.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *